Mengenal Lebih Dekat Tentang Penyakit Sciatica

gambaran sciatica

gambaran sciatica

Sciatica lebih dikenal dengan nama pegal linu. Sciatica merupakan sakit punggung yang disebabkan oleh adanya gangguan pada saraf sciatic. Saraf sciatic merupakan saraf besar yang terletak pada punggung bagian bawah sampai ke kaki.

Bila ada gangguan seperti tekanan atau luka pada saraf sciatic, maka akan menyebabkan munculnya rasa sakit dibagian punggung bawah yang akan menyebar sampai ke pinggul, bokong, paha serta kaki.

Umumnya rasa sakit yang muncul hanya akan mempengaruhi satu kaki saja. Terkadang rasa nyeri akan muncul secara seketika saat anda sedang duduk, bersin maupun batuk. Bagian kaki yang terserang sciatica juga terasa seperti mati rasa, lemah, kram maupun kesemutan. Rasa nyeri dan linu bisa muncul secara tiba-tiba dan bertahan hingga beberapa minggu.

Kebanyakan orang akan mengalami sciatica saat dirinya berusia 30 sampai 50 tahun. Wanita kemungkinan lebih banyak mengembangkan masalah seperti sciatica selama masa kehamilan, karena adanya tekanan pada saraf sciatic dari rahim yang berkembang. Penyebab lainnya karena adanya artritis degenerative tulang belakang serta hernia pada lempengan tulang pinggul.

Selain itu, orang-orang yang mengalami kegemukan, orang yang sering duduk dalam waktu lama, pejalan kaki, pelari, maupun atlet angkat berat umumnya rentan sekali mengalami sciatica.

Peregangan maupun pergerakan tertentu mampu menghilangkan rasa sakit akibat dari sciatica. Gerak badan mampu mengurangi inflamasi serta memperlancar peredaran darah,sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serta mengurangi gejala sciatica, yaitu:

  • Perawatan chiropractic

Perawatan chiropractic adalah dengan melakukan manipulasi tulang belakang, yang nantinya akan menjauhkan anda dari operasi. Cara seperti ini akan membuat respon dalam system saraf mampu mengurangi rasa sakit serta mengembalikan mobilitas. Hal ini juga mampu mengurangi peradangan, memperbaiki kondisi serta meningkatkan proses penyembuhan sciatica.

  • Latihan yoga
latihan yoga

latihan yoga

Ada sebuah penelitian yang melaporkan bahwa orang-orang yang mengidap nyeri punggung kronis dan mengikuti kelas yoga selama 5 bulan, mengalami penurunan rasa sakit akibat dari sciatica. Meskipun mekanismenya masih belum diketahui secara pasti, kemungkinan gerakan-gerakan yoga yang dilakukan secara rutin mampu memperkuat otot serta miningkatkan fleksibilitas. Selain itu juga mampu mencegah terjadinya linu panggul karena sciatica.

  • Pijat

Terapi pijat akan merangkan kelancaran peredaran darah pada tubuh. Terapi pijat akan membuat tubuh serta kaki anda menjadi lebih tenang, sehingga nyeri pada bagian belakang kaki dapat berkurang. Tekanan pada saraf sciatic akan membuat kaki anda menjadi kesemutan bahkan mati rasa.

  • Menggunakan krim panas

Menggoleskan krim atau balsam yang panas, seperti krim capsaicin maupun balsam cengkeh, juga bisa untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh sciatica. Krim panas mampu menghambat pelepasan senyawa penyebab inflamasi pada saraf sciatic. Selain itu anda bisa mengunakan koyo cabai untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul.

  • Menggunakan obat pereda rasa nyeri

Menggunakan obat pereda rasa nyeri, seperti obat ibuprofen, mampu meringankan rasa sakit dan nyeri pada bagian kaki. Terkadang dokter juga memberikan obat untuk mencegah kejang otot atau obat relaksasi otot untuk meringankan rasa sakit.

  • Latihan fisik
aerobik

aerobik

Melakukan latihan fisik tetap perlu dilakukan, agar tubuh tetap aktif. Berbaring akan membuat pengidap sciatica mengalami rasa sakit yang lebih parah dan rasa sakitnya akan terus bertahan dalam waktu lama. Olahraga atau latihan fisik akan meningkatkan aliran darah ke disk maupun saraf sciatic, yang nantinya akan menyingkirkan senyawa-senyawa yang dapat menyebabkan peradangan. Latihan fisik seperti berenang maupun aerobic air mampu mengurangi tekanan pada bagian punggung saat anda berada di dalam air. Latihan seperti ini juga mampu memulihkan fleksibilitas otot serta memperkuat otot, sehingga tulang belakang menjadi lebih stabil.

  • Operasi

Apabila sakit yang anda rasakan tidak kunjung sembuh selama 4 sampai 6 minggu, maka untuk mengobatinya adalah dengan melakukan operasi. Tindakan operasi pada bagian lempengan tulang pinggul yang mengalami hernia, mampu menurunkan rasa sakit serta cacat. Operasi seperti ini mamfaatkan akan tetap berlangsung hingga 4 tahun lamanya.