Mengenal Lebih Jauh Tentang Taurin

minuman berenergi

minuman berenergi

Ketika seseorang merasakan kelelahan serta merasa memerlukan energi ekstra, umumnya mereka akan langsung minum minuman berenergi untuk mengembalikan staminanya yang terkuras.

Beberapa jenis minuman berenergi umumnya mengandung zat yang bernama taurin, yaitu suatu bahan yang sampai saat ini masih diteliti asal-usulnya serta berbagai pengaruhnya pada kesehatan manusia.

Kali ini kami akan membahas tentang berbagai manfaat serta berbagai efek samping dari taurin.

Sebenarnya, taurin merupakan asam amino, namun taurin lebih merupakan asam amino kondisional yang artinya merupakan asam amino yang dapat diproduksi oleh tubuh kita serta mayoritas ditemukan dalam organ otak serta jantung kita.

jenis makanan yang mengandung taurin

jenis makanan yang mengandung taurin

Menurut kepercayaan dunia barat, taurin berasal dari testis banteng. Padahal sebenarnya zat taurin bukan berasal dari testis banteng, walaupun memang dapat ditemukan di dalam empedu banteng dan di dalam tubuh sapi betina.

Selain pada empedu banteng dan dalam tubuh sapi betina, taurin juga bisa ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti daging serta ikan. Selain itu, taurin juga sering dibuat dalam bentuk sintetis sebagai bahan campuran suplemen maupun minuman berenergi.

Taurin ditambahkan ke dalam berbagai macam produk minuman karena banyak sekali yang percaya bahwa taurin memiliki kemampuan dalam meningkatkan kinerja seseorang dalam melakukan berbagai aktivitas fisik yang berat.

Selain itu, taurin umumnya juga diresepkan untuk orang-orang yang mengalami kondisi seperti:

Selain memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita, taurin juga memiliki efek samping yang cukup serius bagi tubuh kita. Minuman berenergi yang mengandung taurin sangat tidak dianjurkan untuk anak-anak, wanita yang sedang hamil serta orang-orang yang sensitif terhadap kafein.

Didalam minuman berenergi, selain mengandung taurin juga mengandung kafein. Ada juga sebagian orang yang percaya bahwa campuran taurin dan kafein dapat mengganggu daya ingat.

energy drink cansSebenarnya efek seperti ini hanyalah sebuah mitos. Ada sebuah penelitian yang melibatkan beberapa responden mahasiswa yang menunjukkan bahwa taurin yang dikombinasikan dengan kafein, tidak menghasilkan efek samping seperti hilangnya daya ingat pada memori dalam jangka pendek.

Namun, minuman berenergi yang mengandung campuran taurin dan kafein dapat mempengaruh denyut jantung seseorang. Dalam riset tersebut para peneliti memang tidak menemukan hilangnya daya ingat dalam memori, namun para peneliti menemukan bawah detak jantung para responden tersebut menjadi menurun, sedangkan tekanan darah dalam arteri mereka menjadi semakin meningkat.

makanan tinggi taurin

makanan tinggi taurin

Sampai saat ini pengaruh taurin dan kafein masih diteliti lagi, namun banyak sekali para pakar dan ahli kesehatan yang menduga bahwa kombinasi dari taurin dan kafein akan menghasilkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh kita.

Salah satu kombinasi yang sudah terbukti selama ini adalah campuran minuman berenergi yang mengandung taurin dengan alkohol. Kombinasi antara stimulan serta depresan dapat menyebabkan berbagai masalah pada jantung, seperti detak jantung menjadi tidak normal. Selain itu, kombinasi minuman berenergi dengan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi berat karena keduanya memiliki sifat diuretik atau peluruh air seni.

Taurin juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Namun masih belum banyak orang yang mengetahuinya.

Beberapa manfaat yang nisa kita peroleh dari taurin, meliputi:

  • Memiliki sifat sebagai antioksidan

Taurin dapat bertindak sebagai zat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas serta melindungi sel-sel dalam tubuh kita dari kerusakan akibat dari stres oksidasi.

  • Meningkatkan aktivitas fisik

Cara seperti ini cocok sekali untuk para pekerja dan olahragawan.Dalam sebuah penelitian di Austria telah menyebutkan bahwa taurin mampu meningkatkan kapasitas tubuh dalam mengangkut oksigen yang menyebabkan seseorang menjadi tidak cepat lelah.

  • Dapat menjaga kesehatan jantung

Ternyata, taurin juga dapat mengurangi inflamasi yang berhubungan dengan penyakit pada arteri koroner dan mampu mencegah aterosklerosis. Taurin juga mampu mengurangi efek dari penyakit hipertensi.

  • Baik untuk pengidap diabetes

Kadar taurin yang rendah dalam tubuh, mampu memicu terjadinya diabetes. Suplemen yang terbuat dari taurin memiliki kemampuan untuk mengurangi kondisi hiperglikemia serta mencegah resistensi insulin.

Bahkan dalam beberapa riset, kemungkinan taurin juga memiliki dampak yang baik untuk kinerja mental seseorang. Para peneliti mengindikasikan bahwa pemberian taurin dalam dosis tertentu dapat memperbaiki memori serta mampu meningkatkan mood seseorang. Namun efek ini masih perlu diteliti lagi secara lebih lanjut.

Konsumsi taurin dalam jumlah yang seimbang memang baik bagi tubuh kita. Minuman berenergi yang mengandung taurin bukan bukanlah taurin yang asli karena bisa saja hanya buatan atau hasil sintetis dan tidak mememberikan berbagai manfaat yang baik seperti taurin yang asli.

Selain itu, minuman berenergi juga mengandung gula serta kafein, yang buruk sekali bagi kesehatan. Jadi sebisa mungkin jangan mengkonsumsi minuman berenergi dalam jumlah yang terlalu banyak. Konsumsi suplemen dan minuman berenergi dalam jumlah yang tidak telalu banyak tidak akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Dan sebenarnya, taurin bukan merupakan zat yang beracun bagi tubuh kita. Kelebihan taurin dalam tubuh kita umumnya akan dikeluarkan kembali melalui organ ginjal dalam bentuk urin. Jika anda hanya mengkonsumsi taurin sebanyak 1 sampai 4 gram per hari maupun dalam seminggu, maka akan memberikan dampak yang baik baik serta tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.