Mengenal Lebih Jauh Tentang Vitamin D

sumber vitamin D

sumber vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak prohormon. Vitamin D juga dikenal dengan nama kalsiferol. Vitamin D dalam tubuh kita sangat berperan dalam proses pembentukan struktur tulang serta gigi yang baik.

Vitamin D merupakan turunan dari molekul steroid yang merupakan salah satu dari begitu banyaknya turunan dari kolesterol. Ada dua bentuk aktif dari vitamin D, yaitu vitamin D2 serta D3. Vitamin D dalam tubuh kita diaktifkan oleh hormone paratiroid.

Vitamin D2 juga dikenal dengan nama ergokalsiferol yang berasal dari turunan senyawa kolesterol yang banyak ditemukan pada tanaman serta ragi. Sedangkan vitamin D3 atau biasa disebut kolekalsiferol berasal dari turunan senyawa 7-dehidrokolesterol. Golongan vitamin inilah yang paling banyak ditemukan pada bagian kulit manusia. Pada organ ginjal, vitamin D diubah atau dikonversi menjadi bentuk aktif yang disebut 1,25-dehidroxykolekalsiferol.

Vitamin D bagi tubuh kita berfungsi sebagai perlindungan peripheral arterial disease atau penyakit arteri perifer disingkat PAD, menurunkan resiko terserang penyakit kanker, mengurangi resiko patah tulang serta mengobati rachitic rosary.

Vitamin D juga dapat berfungsi untuk meningkatkan metabolism serta penyerapan kalsium dan fosfor. Jika vitamin D dalam tubuh kita berkurang, maka tubuh kita akan mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti osteoporosis, osteopenia, hipertensi, diabetes, berbagai penyakit jantung, kanker payudara serta kanker endometrium.

Selain itu kekurangan vitamin D juga akan menimbulkan berbagai penyakit syaraf lainnya, seperti multiple sclerosis, Parkinson serta Alzheimer.

Di dalam tubuh kita, vitamin D akan diserap di usus dibantu oleh senyawa garam empedu. Setelah diserap, vitamin D akan disimpan di jaringan lemak atau adipose dalam bentuk yang tidak aktif.

berjemur di pagi hari

berjemur di pagi hari

Sinar matahari merupakan sumber utama untuk memperoduksi vitamin D yang terdapat di dalam tubuh. Sinar ultra violet dari matahari dapat meningkatkan produksi vitamin D dalam jaringan kulit. Paparan sinar matahari pagi selama 15 menit dalam sehari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian kita.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari vitamin D, kita disarankan untuk mengkonsumsi 400 IU vitamin D setiap hari bagi orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak dan remaja sebaiknya konsumsi vitamin d tidak lebih dari 200 IU.

Selain dari sinar matahari pagi, vitamin D juga bisa kita dapatkan dari berbagai jenis makanan dan minuman, seperti:

  • Ikan
ikan salmon

ikan salmon

Berbagai jenis ikan, khususnya ikan yang berlemak, seperti salmon, tuna, ikan cod, hering, sarden serta makarel mengandung vitamin D. Selain mengandung vitamin D juga mengandung Omega 3 yang baik untuk perkembangan otak. Ikan salmon memiliki lebih banyak vitamin D yang ternyata jumlahnya 4 kali lebih banyak daripada makanan lain yang mengandung vitamin D.

  • Minyak ikan

Suplemen minyak ikan memiliki rasa yang amis dan tidak enak. Minyak ikan sangat baik untuk kesehatan, baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa. Selain mengandung vitamin D suplemen minyak ikan juga mengandung Omega 3.

  • Sereal

Kebanyakan sereal yang beredar di pasaran sudah difortifikasi atau diperkaya dengan vitamin D untuk menunjang kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Konsumsi sereal yang diperkaya dengan vitamin D akan semakin baik lagi jika ditambah dengan susu. Tentunya dengan susu yang rendah lemak.

  • Susu

Susu sapi, baik yang full cream maupun yang rendah lemak sekalipun, juga mengandung vitamin D secara alami. Selain itu, jaman sekarang susu juga sudah duperkaya dengan berbagai nutrisi lain untuk menunjang kesehatan kita. Dalam 1 gelas susu mengandung 100 IU vitamin D.

  • Telur
telur ayam rebus

telur ayam rebus

Telur, khususnya kuning telur, mengandung 21 IU vitamin D serta protein yang baik di bagian putihnya. Dengan adanya kandungan vitamin D serta protein yang baik untuk kesehatan kita, maka kita tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi telur. Namun, jangan lupa untuk tetap mengkonsumsinya secara bijak.

  • Jamur

Menurut sebuah penelitian yang dimuat d dalam Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology, jamur khususnya jamur kancing putih yang terkena paparan sinar matahari selama beberapa jam mengandung banyak vitamin D.

  • Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita. Brokoli mengandung vitamin A serta vitamin K yang nantinya akan diproses dalam tubuh kita untuk menstabilkan metabolism vitamin D dalam tubuh kita. Dengan stabilnya kadar vitamin D dalam tubuh kita, maka kita tidak akan kekurangan vitamin D.

  • Udang

Udang merupakan makanan yang tinggi omega 3 serta protein, namun rendah kalori dan lemak. Dalam 85 gram udang, terkandung 129 IU vitamin D.

Kekurangan vitamin D akan menimbulkan berbagai gejala, baik berat maupun ringan. Gejala kekurangan vitamin D dalam tahap ringan akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan, seperti:

  • Depresi

Gejala awal dari kekurangan vitamin D adalah rasa depresi serta sedih. Berdasarkan suatu penelitian yang dimasukkan dalam The Journal of Crinical Endocrinology and Metabolism, wanita yang kekurangan vitamin D akan lebih sering mengalami depresi serta sedih.

  • Stress tulang

Seperti yang kita ketahui bersama, vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan tulang serta gigi. Seseorang yang kekurangan vitamin D akan mengalami stress tulang akan merasakan tulangnya seperti lemah serta sangat rentan mengalami kerusakan maupun pengeroposan.

  • Pegal dan nyeri otot
nyeri otot

nyeri otot

Kekurangan vitamin D juga akan menyebabkan terjadinya pegal serta nyeri otot. Sebab, kekurangan vitamin D juga akan berakibat pada penurunan kemampuan otot.

Jika anda mulai merasakan gejala seperti pegal serta nyeri otot, bisa jadi anda mengalami kekurangan vitamin D.

  • Naiknya tekanan darah

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi, vitamin D juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan oragn jantung serta membantu menstabilkan tekanan darah. naiknya tekanan darah pada seseorang juga merupakan salam satu gejala dari kekurangan vitamin D.

  • Mudah nyeri

Orang-orang yang mengalami kekurangan vitamin D akan mudah sekali merasa nyeri. Kekurangan vitamin D yang sangat parah akan membuat anda merasa nyeri disekujur tubuh secara kronis meskipun hanya karena sentuhan halus.