Mengenal Penyakit Maag

sakit maag

sakit maag

Penyakit maag atau dalam istilah kedokteran disebut gastritis merupakan suatu kondisi yang sangat mengganggu aktivitas serta bila tidak ditangani dengan tepat sesegera mungkin maka nantinya akan berakibat fatal.

Sakit maag merupakan suatu penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat khususnya di kalangan muda yang dalam usia produktif. Dilihat dari hasil survei yang dilakukan oleh FKUI atau Fakultas Kedokteran Univeritas Indonesia, ada sekitar 60 % dari penduduk di Jakarta yang masih berusia produktif mengalami penyakit maag.

Selain itu, ada sekitar 27% kasus sakit maag di Jakarta yang terjadi pada anak-anak. Dugaan sementara dari para peneliti, hal seperti ini merupakan akibat dari kurangnya pengetahuan tentang bahaya penyakit maag pada anak-anak muda.

Berbagai masalah kesehatan pada usia muda terkadang sering tidak diperhatikan. Karena, banyak orang yang berpikir bahwa berbagai gangguan kesehatan di masa muda merupakan suatu hal yang wajar yang nantinya akan sembuh dengan sendirinya.

Padahal, bila penyakit maag yang terjadi di usia muda dibiarkan begitu saja serta tidak ditangani dengan baik, maka akan terjadi hal yang sangat fatal, yaitu penyakit kanker lambung. Bila penyakit maag sudah berubah menjadi kanker, maka akan semakin sulit untuk disembuhkan.

Penyakit maag, merupakan kumpulan dari berbagai gejala di bagian perut, seperti nyeri pada ulu hati, mual-mual, muntah, tubuh terasa lemas, perut kembung serta merasa cepat kenyang.

Penyakit maag dapat berubah menjadi semakin buruk dengan cepat. Tingkat keasaman pada lambung orang yang sehat umumnya adalah 4 sampai 5 pH, Namun pada pengidap maag tingkat keasaman pada lambungnya mencapai 1 pH yang berarti sangat asam.

Ada berbagai faktor penyebab terjadinya penyakit maag, meliputi makan yang tidak teratur, konsumsi alkohol, stres berat serta konsumsi kopi secara berlebihan.

Sama seperti berbagai penyakit lainnya, bila anda mengalami penyakit maag, maka anda akan memiliki banyak pantangan atau menghindari jenis makanan tertentu, seperti makanan asam, bersantan, pedas, tinggi serat serta pantang makan daging kambing. Sebab, makanan-makanan seperti ini akan semakin merangsang produksi asam lambung sehingga penyakit maag anda akan semakin parah.

lambung

letak lambung

Penyakit maag yang sering ditandai dengan adanya nyeri pada lambung seringkali diatasi dengan obat-obatan penetral asam lambung. Namun, obat-obatan penetral asam lambung kemungkinan tidak akan dapat bekerja secara efektif dalam jangka panjang karena sebenarnya tidak mengatasi akar atau penyebab masalah dari penyakit maag.

Menurut para pakar kesehatan, khusunya dalam bidang gastroenterologi, obat-obatan penetral asam lambung merupakan obat yang baik untuk mengobati penyakit maag. Obat-obatan penetral asam lambung akan bekerja dengan cepat untuk menetralkan asam lambung karena obat tersebut bersifat basa, seperti natrium bikarbonat atau antasida yang mengandung aluminium hidroksida.

Obat-obatan penetral asam lambung seperti ini dulunya sering digunakan untuk mengatasi maag, namun sekarang sudah banyak berkurang. Obat-obatan penetral asam lambung untuk mengurangi gejala maag yang digunakan dalam jangka panjang akan beresiko menyebabkan endapan pada ginjal. Bila dibiarkan terus menerus nantinya dikhawatirkan justru akan merusak fungsi ginjal itu sendiri.

Pemakaian obat-obatan penetral asam lambung tidak bisa digunakan untuk mengobati maag dalam waktu lama, karena penyebab dari maag bukan hanya disebabkan oleh asam lambung saja. Asam lambung merupakan hasil dari penyakit lain yang merupakan akar dari masalah penyakit maag.

Akar masalah penyebab dari maag bisa saja karena stres yang berlebihan atau karena infeksi bakteri khususnya Helicobacter pylori. Kedua hal inilah yang harus diatasi terlebih dahulu.

Metode pengobatan penyakit maag yang baru dapat berupa penguatan lapisan lendir pada dinding lambung yang diebut mukus mukosa. Lapisan ini nantinya akan melindungi lambung dari faktor-faktor yang dapat menimbulkan peradangan lambung yang bersifat agresif, termasuk adanya asam lambung.

Jadi, metode pengobatan dari penyakit maag yang efektif tidak hanya berfokus pada faktor agresifitas saja, namun juga dengan memperkuat mekanime pertahanan yang dimiliki oleh lambung.

Rasa perih pada bagian lambung seringkali dianggap sebagai gejala penyakit maag. Penyakit maag pada umumnya disebabkan oleh kadar asam lambung yang berlebihan sehingga terjadi peradangan pada organ lambung.

Sakit maag yang terjadi secara tiba-tiba disebut maag akut, yang umumnya terjadi karena terlambat makan atau bahkan karena mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung maupun makanan yang bersifat iritatif atau membuat lambung mengalami iritasi, misalnya cuka. Maag akut yang sering terjadi secara terus menerus dalam waktu lama disebut dengan maag kronis.

lambungMenurut para pakar kesehatan, maag kronis perlu ditangani dengan benar. Terlebih lagi apabila disertai dengan gejala peringatan. Bila sudah terjadi seperti ini sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter ahli.

Gejala peringatan yang sering kali terjadi adalah menurunnya berat badan secara dratis dalam waktu kurang dari 3 bulan, pucat, tinja bercampur darah, demam, mata berwarna kuning, muntah-muntah serta susah makan.

Jika anda mengalami sakit maag yang disertai dengan gejala-gejala seperti diatas, kemungkinan anda mengalami penyakit yang lebih serius lagi, seperti tukak lambung dan bahkan bisa saja mengalami kanker lambung.

Jika terjadi maag kronis yang disertai dengan gejala peringatan, maka dokter akan melakukan pemeriksaan endoskopi. Hal ini bertujuan untuk memastikan apa penyebab dari penyakit tersebut, apakah penyakit tersebut kronis atau tidak serta memastikan tingkat keparahan dari penyakit tersebut.

Penyakit maag akut masih bisa diringankan dengan pemakaian obat-obatan penetral asam lambung yang banyak dijual di apotek. Namun, bila sudah mencapai tahap maag kronis maka perlu penanganan yang lebih serius lagi.