Mengenal Penyakit Masuk Angin

Sebenarnya penyakit masuk angin termasuk mitos dalam dunia kedokteran karena sampai saat ini belum bukti medis mengenai masuk angin.mengenal penyakit masuk angin

Meski demikian banyak orang yang merasa bahwa dirinya terkena penyakit masuk angin, dimana badan mereka yang terkena masuk angin merasa menggigil kedinginan, demam atau berkeringat dingin.

Istilah “masuk angin” sendiri tidak ada di dalam dunia medis, kecuali hanya di negara-negara Asia terutama China dan Indonesia.

Jika diterjemahkan dengan bahasa sederhana, istilah masuk angin adalah angin yang masuk ke dalam tubuh dengan tidak normal baik dalam hal tempat bertumpuknya ataupun jumlahnya.

Padahal saluran pernapasan termasuk dengan paru-paru dan tubuh kita membutuhkan oksigen atau udara dari luar karena bila oksigen atau udara tidak mengisi paru-paru atau saluran pernapasan maka manusia akan mati.

 

Gejala Masuk Angin

Berikut ini adalah gejala masuk angin atau kondisi badan yang biasanya dikeluhkan seseorang sebagai penyakit masuk angin yaitu :

  • Demam ringan yang disertai dengan flu atau pilek
  • Rasa kembung
  • Rasa kembung yang juga diikuti dengan sulit bersendawa
  • Rasa kembung yang juga diikuti dengan mencret
  • Rasa kembung yang juga diikuti dengan keluhan atau gangguan yang berhubungan dengan buang air kecil
  • Rasa kembung yang juga diikuti dengan kepala terasa pening atau pusing
  • Susah buang angin
  • Susah buang air besar
  • Bila bagian tubuh diurut atau dipijat maka akan bersendawa
  • Dan sebagainya

 

 

Penyebab Masuk Angin

Penyakit masuk angin memiliki banyak gejala dan tiap gejala memiliki penyebab yang berbeda-beda.masuk angin

Berikut ini adalah penyebab masuk angin diantaranya :

  • Demam ringan yang disertai dengan flu atau pilek

Bila di saat yang bersamaan anda mengalami flu atau pilek dan demam ringan maka keluhan ini biasanya disebabkan terlalu lama terkena udara AC atau pendingin ruangan dan kehujanan, bisa juga terlalu lama berada di dalam mobil saat melakukan perjalanan yang jauh.

Bila anda mengalami kondisi ini maka bisa saja anda juga sedang mengalami gejala dari penyakit influenza.

 

  • Kembung

Perut yang terasa kembung biasanya disebabkan oleh adanya gas yang menumpuk di dalam saluran pencernaan terutama pada usus halus, lambung dan usus besar.

Adanya gas yang muncul di dalam saluran pencernaan bukan berasal dari angin luar yang masuk ke dalam tubuh, melainkan gas yang tertahan atau muncul dari kondisi penyakit, seperti :

  1. Gangguan pencernaan yang dikarenakan kebanyakan makan atau kekenyangan dan salah makan
  2. Sakit maag
  3. Penyakit kantong empedu : cholelithiasis (batu empedu), lumpur empedu, cholecystitis (peradangan atau infeksi kantong empedu)
  4. Konstipasi atau sembelit
  5. Usus besar mengalami penyumbatan yang disebabkan oleh kotoran yang mengeras atau membatu, karena tumor usus besar, karena peradangan usus, dan sebagainya termasuk misalnya adanya tumor lain di dalam rongga perut yang menjepit atau menekan usus sehingga proses buang air besar menjadi terganggu
  6. Permulaan dari demam typhoid (penyakit tifus)
  7. Permulaan dari hepatitis atau liver/penyakit kuning
  8. Permulaan dari Appendixitis atau penyakit usus buntu
  9. Permulaan dari penyakit keracunan jengkol
  10. Penyakit jantung :pembengkakan jantung, penyakit jantung koroner tingkat lanjut, gangguan berat irama jantung, hingga gagal jantung

Seseorang yang makan sampai kekenyangan atau tidak bisa mencerna makanan tertentu maka akan terbentuk gas di dalam usus dan lambung dan hal inilah yang akhirnya menjadi keluhan pada lambung.

Keluhan pada lambung ini juga bisa disertai dengan adanya peningkatan kuantitas sendawa dan kentut atau buang angin.

Namun keluhan pada lambung juga bisa menimbulkan gejala sebaliknya yaitu disertai dengan susah kentut, susah sendawa dan susah buang air besar.

Setiap penyakit memiliki tanda-tanda atau gejala yang spesifik termasuk dengan kembung, bahkan penyakit jantung juga bisa menimbulkan gejala perut sesak atau kembung.

 

  • Rasa kembung yang diikuti dengan muntah atau mencret

Seringkali masyarakat menganggap bahwa ini adalah gejala masuk angin padahal ini adalah gejala awal dari diare atau biasa dikenal dengan istilah muntaber

 

  • Rasa kembung yang diikuti dengan pusing

Biasanya hal ini disebabkan oleh racun rokok, bisa pula perokok pasif atau orang yang tidak merokok namun terkena paparan asap rokok.

 

  • Rasa kembung dengan gangguan buang air kecil

Penyakit batu ginjal, infeksi ginjal dan batu ureter biasanya juga ditandai dengan rasa kembung atau perut terasa sesak.

Biasanya penderita akan merasa kembung sebelum muncul keluhan pada saat buang air kecil, dan inilah yang membuat penderita merasa bahwa dirinya masuk angin.

 

  • Jika diurut akan bersendawa

Sebagian besar masyarakat merasa bahwa jika dirinya bersendawa pada saat sedang diurut maka dia terkena penyakit masuk angin.

Padahal sendawa yang diakibatkan oleh diurut bisa berasal dari berbagai faktor, seperti :

  1. Urat syaraf yang terjepit di daerah punggung dekat tulang belikat
  2. Kelebihan Hipertrigliseridemia (trigliserid/kadar lemak darah)

 

Karena penyakit masuk angin tidak ada dan tidak diajarkan di dalam ilmu kedokteran maka ada baiknya jika anda berkunjung ke dokter dengan keluhan masuk angin maka anda bercerita dengan mendetail mulai dari apa yang anda makan sebelum mengalami masuk angin, apakah anda punya penyakit lain, dan sebagainya supaya dokter bisa lebih mudah dalam mengambil kesimpulan dan memberikan solusi mengenai penyakit yang sedang anda alami.