Minuman Isotonik Bagi Para Pengidap Hipertensi

produk minuman isotonik

produk minuman isotonik

Minuman isotonik merupakan produk minuman yang mengandung ion seperti ion natrium serta klorida, yang merupakan zat untuk menyusun garam.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, perlu adanya pembatasan dalam konsumsi garam khususnya bagi pengidap hipertensi.

Namun, pertanyaan yang muncul dalam beniak kita adalah apakah minum isotonik itu benar-benar aman bagi pengidap hipertensi?

Dalam hal ini, Dr Muzal Kadim menyatakan bahwa, minuman isotonik relatif aman jika dikonsumsi oleh pengidap hipertensi.

Sebab kandungan natrium serta klorida di dalam minuman isotonik sangat sedikit sekali jika dibandingkan dengan jumlah garam yang dusah di standartkan oleh WHO yaitu sebanyak 1.500 miligram bagi pengidap hipertensi.

Sebab, nilai kandungan natrium yang terdapat di dalam satu liter produk minuman isotonik hanyalah seujung sendok teh saja. Sehingga masih relatif aman untuk dikonsumsi oleh pengidap hipertensi.

pengganti isotonik alami

pengganti isotonik alami

Kondisi hipertensi dapat menyebabkan tekanan darah dalam arteri menjadi meningkat sehingga organ jantung bekerja ekstra keras daripada dalam tubuh yang kondisinya normal.

Hipertensi juga merupakan faktor resiko utama munculnya penyakit lainnya seperti stroke, gagal jantung, serangan jantung serta berbagai penyakit kardiovaskular lainnya. Di samping itu, hipertensi juga dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis.

Meskipun sebenarnya minuman isotonik termasuk relatif aman untuk dikonsumsi oleh pengidap hipertensi, namun tetap saja sebaaiknya anda tidak mengkonsumsi minum isotonik secara berlebihan khususnya saat anda tidak sedang melakukan aktivitas fisik yang sangat menguras cairan tubuh.

“Fungsi dari minuman isotonik adalah menggantikan cairan tubuh yang hilang saat anda melakukan aktivitas. Jadi, aktivitas fisik yang berat serta membuat anda mengeluarkan banyak keringat lah yang sangat membutuhkan bantuan dari minuman isotonik” kata Dr. Muzal Kadir.

Sebenarnya, ada minuman yang dapat menggantikan ion-ion dalam tubuh kita dengan cepat secara alami. Yaitu dengan minum air kelapa.

Air kelapa yang rasanya manis dan segar dapat menggantikan ion-ion serta cairan dalam tubuh yang hilang dengan cepat dan sangat alami sekali.

Bahkan, saat ini banyak sekali produk-produk minuman yang bahan utamanya adalah air kelapa muda yang bagus sekali untuk kebugaran tubuh. Selain itu, air kelapa juga mengandung anti bakteri, anti virus, anti jamur sama seperti air susu ibu.