Minuman Yang Baik Saat Cuaca Panas

minuman dingin

minuman dingin

Ketika suhu udara semakin meningkat pada saat cuaca panas seperti sekarang ini, secara naluriah manusia akan berusaha untuk mendinginkan kembali suhu tubuhnya.

Salah satu cara untuk mendinginkan kembali suhu tubuh di cuaca yang panas umumnya dilakukan dengan cara minum minuman dingin.

Namun, ternyata cara seperti minum minuman dingin di saat cuaca panas kurang baik untuk mendinginkan suhu tubuh.

Ada sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam US National Lybrary of Medicine National Intitute of Health telah menemukan bahwa, minuman yang panas lebih baik untuk dikonsumsi pada saat cuaca panas, karena memiliki kemampuan untuk mendinginkan tubuh secara konter-intuitif. Sehingga dengan minum minuman panas pada saat cuaca panas akan lebih efektif untuk mendinginkan tubuh daripada minum minuman dingin.

Seorang peneliti yang bernama Anthony Bain yang berasal dari University of British Columbia menyatakan bahwa, berkeringat merupakan mekanisme yang utama dalam hal mendinginkan kembali suhu tubuh yang terlalu panas. Dan keringat akan menguapkan panas yang ada di dalam tubuh.

teh hangat

teh hangat

Ketika merasakan adanya perubahan suhu, maka tubuh akan memberikan sinyal pada otak untuk memproduksi keringat. Nantinya, setelah keringat menguap dari tubuh, maka suhu tubuh juga akan ikut menurun.

Pada saat lambung merasakan panas dari minuman yang kita minum, maka mekanisme seperti ini akan bereaksi secara berlebihan. Dalam artian, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak keringat sehingga tubuh akan merasa lebih dingin daripada sebelumnya.

Sayangnya, proses mendinginkan tubuh seperti ini tidak dapat bekerja secara empurna jika sebelum anda mengkonsumsi minuman panas namun tubuh anda terlanjur keluar banyak keringat. Sebab, keringat tambahan yang keluar ketika kita minum minuman panas hanya akan menetes saja dan tidak menguap. Cara seperti ini dianggap kurang mampu untuk mendinginkan tubuh dengan baik.

Jadi, jika tubuh kita sudah terlanjur berkeringat sebelum minum minuman panas, maka tidak akan memberikan efek apa-apa. Pilihan yang tepat bila tubuh kita sudah terlanjur berkeringat adalah minum minuman dingin.

Di cuaca yang panas seperti sekarang ini, maka es batu sering menjadi teman yang hukumnya wajib ketika kita minum. Namun, sebaiknya anda perlu memastikan terlebih dahulu agar es batu yang kita konsumsi benar-benar berasal dari sumber air yang bersih. Sebab banyak es batu yang ditengarai menyimpan bakteri yang dapat menganggu kesehatan kita.

Sebenarnya es batu mulai terkenal pada awal tahun 1800 pada saat seseorang bernama Frederic Tudor mulai membuka perusahaan es batu, sehingga beliau disebut sebagai raja es.

Menurut beberapa ahli pangan dan pakar kesehatan, es batu menyimpan berbagai macam hal yang tidak kita ketahui yang bisa menganggu kesehatan kita. Ada tiga macam hal yang paling banyak tersimpan dalam es batu, yaitu:

  • Bakteri
es batu

es batu

Amerika memiliki peraturan baku yang disebut Safe Drinking Water yang sejak tahun 1974 telah menjamin kestabilan level bakteri patogen yang terdapat di dalam air minum. Meskipun sebenarnya warga di negara Amerika tidak terlalu mengkhaatirkan standar air minumnya, namun masih ada bakteri yang bisa ditemukan di dalam es batu.

Penyebab adanya bakteri dalam es batu lebih dikarenakan oleh mesin pembeku es yang tidak terjaga kebersihannya. Es batu yang ada di restoran-restoran juga mudah sekali terkontaminasi oleh bakteri, misalnya karena tersentuh tangan yang tidak dicuci dengan bersih setelah mengolah daging.

  • Kapang

Kapang atau jamur dapat ditemukan di mana saja, bahkan di dalam mesin pembeku es maupun dalam lemai es rumahan. Udara dingin dalam lemari es memang dapat menyebabkan kapang sulit untuk berkembang. Namun bila lemari es sering dimatikan dalam jangka waktu yang lama, maka kapang akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya.

Bila anda perlu untuk mematikan lemari es atau freezer untuk beberapa waktu, sebaiknya bersihkan freezer atau lemari es anda terlebih dahulu sebelum digunakan lagi.

  • Tangan yang kurang bersih

Jangan memegang es batu bila tangan anda masih kurang berih. ebaiknya cuci tangan anda sebelum memegang es batu. Sebab apa saja yang ada di tangan anda akan berpindah ke es batu yang anda pegang. Jadi, cuci tangan anda sampai bersih ketika anda akan mengambil es batu dari dalam lemari es maupun freezer.

Di Amerika sendiri, pada tahun 2007, Chicago Sun Times telah menemukan sekitar 20% dari 49 retoran maupun bar hotel di Chicago memiliki es batu yang telah terkontaminasi dengan bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Memang, jenis bakteri yang umumnya tersimpan dalam es batu kebanyakan tidak berbahaya serta masih bisa untuk dilawan oleh sistem inumnitas tubuh kita. Namun, banyak orang khususnya anak-anak yang mengalami diare akibat dari adanya bakteri yang masih tersimpan dalam es batu.

Maka dari itu, pastikan bahwa es batu yang anda konsumsi benar-benar aman. Bila anda merasa kurang yakin akan aman tidaknya es batu yang anda konsumsi, maka pilihlah minuman dingin yang sudah disimpan dalam lemari es terlebih dahulu. Dengan begini anda dapat menikmati minuman dingin tanpa menggunakan es batu.