Nutrisi Dan Manfaat Dari Kombucha Untuk Kesehatan

manfaat teh kombucha untuk kesehatan

manfaat teh kombucha untuk kesehatan

Kombucha merupakan salah satu minuman fermentasi yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Teh kombucha diperoleh dari hasil fermentasi teh manis dengan bakteri asam asetat serta ragi tertentu.

Kombucha awalnya berasal dari China dan telah digunakan sejak zaman dahulu. Kombucha digunakan sebagai minuman sekaligus sebagai obat untuk penyakit tertentu. Bahkan kombucha telah dianggap sebagai ramuan panjang umur dalam kebudayaan China kuno.

Kombucha sebenarnya berasal dari teh dengan gula dan diberi bakteri serta ragi tertentu. Anda bisa menggunakan berbagai macam teh. Ragi dalam teh akan membentuk bakteri dan memakan kandungan gula dalam teh tersebut.

Teh kombucha memiliki rasa asam manis yang mirip seperti rasa cuka apel. Selain telah menjadi bagian dari ilmu pengobatan di China, kombucha juga telah dikenal di berbagai negara Eropa. Beberapa negara di Eropa merekomendasikan kombucha karena memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan.

Dalam teh kombucha akan muncul berbagai macam jenis bakteri yang semuanya baik sekali untuk kesehatan. Teh kombucha memiliki banyak sekali asam amino yang bersifat organic serta nutrisi penting lainnya. Ada begitu banyak vitamin yang terkandung didalamnya, seperti vitamin b1, B2, B6, B9, b12 dan vitamin C. sementara kandung asam dalam kombucha, meliputi asam asetat, asam oksalat, asam glukonat, asam glukuronat, fruktosa, asam laktat serta asam usnat.

Karena begitu banyaknya kandungan bakteri baik di dalamnya, kombucha telah dianggap sebagai obat antibiotic yang alami sekaligus mampu menjaga kesehatan tubuh kita. Berbagai manfaat dari kombucha untuk kesehatan, meliputi:

  • Detoksifikasi alami

Kombucha memiliki kemampuan yang baik dalam hal detoksifikasi tubuh. Asam glukuronat dalam kombucha akan mengikat berbagai macam racun yang ada dalam tubuh dan juga organ hati yang nantinya akan dikeluarkan ke ginjal. Selain dapat membersihkan organ hati, asam glukuronat akan ikut membersihkan pancreas dari berbagai macam racun. Semua racun akan menuju ke ginjal dan dikeluarkan melalui air seni.

  • Antioksidan alami
kombucha

kombucha

Selain mengandung banyak asam organic yang menyehatkan, kombucha juga mengandung antioksidan alami. Antioksidan akan melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif akibat dari adanya radikal bebas. Antioksidan akan menetralkan bahaya dari radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan maupun penyakit berbahaya lainnya.

  • Menjaga kesehatan organ hati

Dalam berbagai penelitian telah ditemukan bahwa kombucha mampu menjaga kesehatan organ hati. Teh kombucha mampu memulihkan kadar gluthation serta mencegah penumpukan racun dalam hati. Teh kombucha yang terbuat dari teh hitam memiliki kemampuan yang baik dalam menjaga kesehatan organ hati.

  • Mencegah kanker

Kombucha mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Adanya kandungan asam glucaric dalam kombucha membuat teh kombucha memiliki kemampuan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. hal ini membuat teh kombucha mampu mencegah berbagai macam kanker, termasuk kanker payudara serta kanker pancreas. Kandungan asam laktat dalam kombucha juga akan ikut menjaga pH dalam tubuh kita tetap stabil. kestabilan pH dalam tubuh akan membuat sel kanker tidak mampu berkembang .

  • Mencegah terjadinya infeksi bakteri

Teh kombucha memiliki sifat anti-mikroba alami yang mampu mencegah terjadinya infeksi dari berbagai bakteri berbahaya. Kombucha mengandung asam asetat yang mampu menetralkan pH alami tubuh serta melindungi tubuh kita dari serangan berbagai bakteri berbahaya, seperti Staphylococcus aureaus, E Coli, Salmonella enteriditis, Helicobacter pylori serta Listeria monocytogens.

  • Menstabilkan kadar gula darah

Kombucha juga baik untuk menstabilkan kadar gula darah. Mengkonsumsi teh kombucha akan mencegah terjadinya peningkatan gula dalam darah. maka dari itu, teh kombucha dianggap sebagai minuman yang baik sekali untuk memperbaiki kesehatan pancreas serta mencegah terjadinya diabetes.

  • Mengurangi gejala arthritis
teh kombucha

teh kombucha

Tanpa kita sadari, teh kombucha juga mengandung glucosamine yang mampu mencegah serta mengurangi gejala arthritis. Glucosamine akan merangsang produksi asam hyaluronic yang berfungsi untuk memelihara struktur tulang rawan serta mengurangi rasa sakit akibat dari arthritis.

  • Menjaga kestabilan kolesterol

Mengkonsumsi teh kombucha juga mampu menjaga kestabilan kolesterol. Hal ini nantinya akan membuah kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh kita selalu stabil serta akan mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Dengan begitu, tentunya tubuh kita akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Kombucha juga mampu menjaga serta meningkatkan kesehatan system pencernaan. Kombucha merupakan minuman fermentasi yang berisi banyak sekali bakteri probiotik alami. Hal ini nantinya akan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang akan menjaga kesehatan usus serta mencegah terjadinya berbagai gangguan pada perut, seperti sembelit bahkan diare kronis. Enzim pencernaan dalam usus kita akan meningkatkan efek dari asam glukuronat yang nantinya akan ikut berperan dalam memecahkan berbagai protein dalam tubuh kita.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Kombucha mengandung antioksidan yang nantinya juga ikut berperan dalam meningkatkan system kekebalan tubuh. Mengkonsumsi teh kombucha juga mampu meningkatkan energy. Sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi dalam kombucha juga akan mencegah terjadinya infeksi maupun peradangan karena bakteri maupun virus.

Meskipun kombucha baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Umumnya kombucha tidak mengandung alcohol. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menimbulkan efek yang tidak baik. selain itu sebaiknya pilihlah tempat yang bersih untuk menyimpan kombucha.

Simpanlah teh kombucha dalam wadah yang terbuat dari kaca. Menyimpan teh kombucha dalam wadah keramik akan meningkatkan resiko keracunan timbal. Mengkonsumsi teh kombucha terlalu berlebihan dapat menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman di perut, seperti mual, muntah serta sakit kepala.