Nutrisi Dan Manfaat Dari Teh Oolong Untuk Kesehatan

jenis teh

jenis teh

Selain teh hijau dan teh hitam, teh oolong juga berasal dari tradisi di China. Teh oolong telah diproduksi sejak 400 tahun lalu di provinsi Fujian, China. Secara harfiah, teh oolong diterjemahkan sebagai teh naga hitam dalam bahasa China. Rasa dari teh oolong berbeda-beda tergantung dari kultivar dan struktur tanahnya.

Ada teh oolong yang memiliki aroma yang harum dan segar, namun ada juga yang mengatakan bahwa teh oolong memiliki rasa yang pahit. Pada umumnya teh oolong memang kaya akan rasa serta memiliki rasa yang kuat. rasa yang berbeda-beda umumnya disebabkan oleh proses oksidasi dari daun teh.

Teh hijau merupakan teh yang tidak difermentasikan. Sedangkan teh hitam adalah teh yang sudah menjalani proses fermentasi secara penuh. Sementara teh oolong adalah teh yang sudah memasuki proses fermentasi namun dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Karena teh oolong sudah menjalani proses fermentasi meskipun tidak terlalu lama, maka mafaatnya sama seperti mengkonsumsi teh hijau dan teh hitam secara bersamaan.

Daun teh oolong sangat kaya akan vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan manusia. Daun teh oolong mengandung vitamin A, B, C, E dan vitamin K. Kandungan mineralnya, meliputi karoten, mangan, kalsium, selenium, kalium, asam folat serta tembaga.

Teh oolong juga mengandung bahan kimia alami, seperti teofilin serta tehobromine. Selain itu, teh oolong juga mengandung cafein dan juga alkaloid.

Dengan begitu banyaknya vitamin, mineral dan senyawa yang terkandung dalam daun teh oolong, maka akan ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, seperti:

Mencegah obesitas

Minum secangkir teh oolong telah terbukti mampu menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa mengkonsumsi secangkir teh oolong mampu meningkatkan oksidasi lemak sebanyak 12% dan meningkatkan metabolism tubuh secara signifikan. Kandungan polifenol dalam teh oolong akan mengaktifkan berbagai enzim serta mempercepat proses lipolysis, sehingga memungkinkan tubuh kita membakar lebih banyak lemak dalam tubuh. Selain itu, teh oolong juga mengandung katekin yang ikut berperan dalam meningkatkan system metabolism tubuh.

  • Menyehatkan gigi

Polifenol dalam teh oolong juga mampu menjaga kesehatan gigi serta menetralkan pH rongga mulut. Hal ini akan mencegah bakteri menempel pada lapisan gigi serta gusi yang dapat menyebabkan kerusakan gigi maupun kanker mulut.

  • Melawan radikal bebas
manfaat teh oolong untuk kesehatan

manfaat teh oolong untuk kesehatan

Teh oolong kaya akan antioksidan alami yang sangat efektif dalam melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Polifenol ikut mencegah kanker dengan cara membasmi sel-sel yang bersifat karsinogen, mencegah terkadinya inflamasi serta mencegah kerusakan pada kulit maupun rambut. Selain itu, kandungan teh oolong lainnya yang juga bersifat antioksidan akan menghentikan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

  • Menyehatkan kulit

Radikal bebas dalam tubuh mampu mempercepat proses penuaan. Namun, teh oolong kaya akan antioksidan, mampu memperlambat terjadinya oksidasi sel, sehingga ikut menyehatkan tubuh serta kulit. Hal seperti ini juga akan mengurangi keriput serta meningkatkan elastisitas kulit. Mengkonsumsi 1 smapai 2 cangkir teh oolong dan dikombinasikan dengan perawatan kulit secara rutin akan mencegah terjadinya dermatitis maupun eksim.

  • Mencegah rambut rontok

Menggunakan air rendaman daun teh oolong untuk membilas rambut mampu mencegah rambut rontok serta menyehatkan rambut. Membilas rambut dengan air rendaman daun teh oolong akan mengurangi DHT atau hormone yang bertanggung jawab dalam kerontokan rambut. Membilas rambut dengan air rendaman daun teh oolong akan membuat rambut semakin sehat, subur dan berkilau.

  • Menjaga kesehatan mental

Adanya kafein dalam teh oolong mampu meningkatkan kesehatan mental serta membuat kita menjadi lebih waspada. Jadi, mengkonsumsi teh oolong mampu memeprtajam kemampuan dalam berpikir, berkonsentrasi serta meningkatkan energy. Kandungan kafein dalam teh oolong akan bekerjasama dengan teofilin serta tehobromine, dalam menjaga kesehatan mental.

  • Mengurangi stress
tradisi minum teh oolong

tradisi minum teh oolong

Mengkonsumsi teh oolong akan membuat suasana hati menjadi lebih nyaman serta mampu mengurangi stress berlebihan. Kondisi seperti ini akan membuat anda menjadi lebih tenang.

  • Mengontrol diabetes

Teh oolong juga bisa dijadikan obat alami yang popular dalam pengobatan diabetes tipe 2. Teh oolong mampu mengatur jumlah glukosa dalam tubuh dan darah, serta meningkatkan hormone insulin dalam aliran darah. selain itu, teh oolong juga mengandung vitamin A, kalium, kalsium, selenium, magnesium serta fosfor yang ikut menurunkan resiko penyakit kronis, seperti diabetes.

  • Meningkatkan kekuatan tulang

Berbagai komponen tertentu dalam teh oolong mampu merangsang berbagai mineral yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tulang yang sehat. Hal ini akan memeprkuat struktur tulang, meningkatkan massa tulang serta mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Mengurangi bersin

Semua jenis teh oolong umumnya memiliki sifat anti alergi yang sangat kuat. sebab, teh oolong mengandung katekin yang akan meningkatkan enzim histidin. Enzim histidin akan memblok produksi histamine yang menyebabkan bersin, mata berair maupun gatal yang merupakan gejala khas dari rhinitis alergi.

Meskipun teh oolong dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, namun sebaiknya tetap dikonsumsi secara bijaksana. Sebab, teh oolong mengandung kafein yang cukup tinggi. Beberapa individu mungkin akan mengalami gejala-gejala yang berbeda terhadap kafein, seperti rasa sakit kepala ringan sampai serius, mual-mual, muntah, iritasi pada usus, mulas serta denyut jantung yang tidak teratur.

Mengkonsumsi teh oolong dalam jumlah berlebihan juga mampu menyebabkan berkurangnya kadar kalisum dalam tubuh secara signifikan. Jadi, sebaiknya konsumsi teh oolong paling banyak 3 cangkir dalam sehari saja. Mengkonsumsi teh oolong sebanyak 1 sampai 2 cangkir saja sudah memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan.