Nutrisi Dan Manfaat Quinoa Untuk Kesehatan

tumbuhan quinoa

tumbuhan quinoa

Quinoa memiliki nama ilmiah Chenopodium quinoa. Quinoa merupakan sereal kuno yang telah dibudidayakan di sepanjang Andes sejak 7000 tahun yang lalu. Tanaman quinoa tumbuh subur di dataran tinggi pegunungan Andes.

Quinoa merupakan tanaman sangat penting bagi suku Inca, karena merupakan makanan pokok mereka selain jagung. Saat orang Spanyol datang, maka produksi quinoa mulai menurun. Orang-orang Spanyol datang dan memperkenalkan gandum serta barley.

Quinoa sekarang diproduksi oleh negara-negara Amerika Selatan, seperti Argentina, Chile, Bolivia, Kolombia, Peru dan Ekuador. Negara di Amerika Serikat dan Inggris juga melakukan budidaya quinoa, namun hasilnya tak sebanyak yang dihasilkan oleh negara-negara Amerika Selatan.

Dalam 100 gram quinoa mentah, mengandung 13 g air, 368 kkal energy, 14 g protein, 6 g lemak, 64 g karbohidrat, dan 7 g serat makanan. Quinoa banyak mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, B12 dan vitamin E. Kandungan mineral dalam quinoa, meliputi kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium serta seng.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam quinoa, maka aka nada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari quinoa untuk menunjang kesehatan kita, seperti:

  • Kaya antioksidan

Quinoa memiliki sifat antioksidan yang nantinya akan menjaga kesehatan jantung, hati, paru-paru, pancreas serta ginjal, dan melindunginya terhadap stress oksidatif. Quinoa memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan serealia lainnya. Quinoa banyak mengadung senyawa yang bersifat antioksidan, seperti fenolat, polifenol, serta antosianin. Kecambah quinoa juga kaya akan kandungan antioksidan.

  • Sumber protein nabati
biji quinoa

biji quinoa

Quinoa mengandung banyak protein, sehingga cocok untuk dijadikan sumber protein nabati. Selain itu, quinoa juga kaya akan asam amino esensial yang penting untuk kesehatan, seperti metionin, lisin, serta triptofan.

  • Menstabilkan kadar gula dan kolesterol

Mengkonsumsi quinoa akan ikut menstabilkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian terhadap tikus yang diberi makan makanan tinggi fruktosa menunjukkan bahwa setelah mengkonsumsi biji quinoa kandungan gula dan kolesterol dalam tubuhnya tetap stabil. Kondisi seperti berarti baik sekali untuk pengidap diabetes.

  • Kaya kalsium

Quinoa juga mengandung kalsium yang hampir sama dengan berbagai produk susu. Kalsium sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang, otak serta system saraf. Mengkonsumsi quinoa bisa dijadikan jalan keluar yang baik untuk orang-orang yang alergi susu.

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Quinoa merupakan serealia yang kaya akan protein serta karbohidrat dengan nilai indeks glikemik yang rendah. Selain itu quinoa juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6, serta antioksidan. Sehingga dengan cara mengkonsumsi quinoa akan ikut mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular di masa depan.

  • Ikut menjaga system pencernaan

Quinoa kaya akan serat yang larut dalam air. Serat ini nantinya akan ikut menjaga kesehatan serta meningkatkan kerja system pencernaan serta memfasilitasi gerakan usus yang sehat. Hal seperti ini nantinya akan mengurangi resiko terjadinya kembung, nyeri lambung, sembelit serta kelebihan gas.

  • Mengurangi terjadinya batu empedu

Serat yang terkandung dalam quinoa juga ikut membantu mengurangi terjadinya batu empedu. Mengkonsumsi quinoa ikut membantu mengurangi sekresi cairan empedu serta ikut membersihan organ empedu, sehingga mencegah munculnya batu empedu.

  • Kaya akan magnesium
quinoa yang sudah dimasak

quinoa yang sudah dimasak

Magnesium merupakan mineral yang terkandung dalam quinoa. Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium akan memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi terjadinya osteoporosis, menjaga kesehatan jantung, menjaga kestabilan gula darah, serta ikut menjaga kesehatan organ otak.

  • Mengendalikan nafsu makan

Dalam sebuah studi telah ditemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna, seperti nasi, spaghetti maupun roti putih dapat menyebabkan kita merasa cepat lapar. Namun mengkonsumsi serealia, seperti quinoa, barley dan amaranthus, dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Hal seperti ini tentunya baik sekali untuk orang-orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Sebelum memasak quinoa anda perlu membilasnya dengan baik. Karena quinoa mengandung lapisan saponin yang rasanya pahit. Bila tidak dibilas dengan sempurna, maka lapisan saponin yang membungkus biji quinoa akan membuat quinoa terasa pahit.

Setelah dibilas dengan sempurna sampai bersih, anda bisa memasaknya seperti memasak nasi. Anda bisa mengganti nasi dengan quinoa yang lebih bernutrisi dan menyehatkan.