Obat Alami Untuk Mengatasi Kista

letak kista ovarium

letak kista ovarium

Salah satu penyakit yang menakutkan bagi wanita adalah adanya kista yaitu tumor yang bisa mengganggu kesehatan organ reproduksi. Rahim wanita memiliki dua buah organ yang letaknya disebelah kanan dan kiri yang biasa disebut ovarium.

Ovarium berfungsi untuk memproduksi sel telur maupun hormon-hormon wanita. Beberapa hormone seperti estrogen serta progesterone yang fungsinya untuk mengatur siklus mestruasi serta kehamilan. Fungsi lain dari hormone tersebut adalah mengatur bentuk tubuh, payudara serta rambut pada wanita.

Bila di dalam ovarium tersebut tumbuh kista nantinya akan menyebabkan munculnya semacam kantung yang berisi cairan pada organ reproduksi yaitu indung telur, leher rahim serta rahim.

Kista sendiri ada yang bersifat genetic, seperti kanker. Namun, ada juga penyakit kista yang terjadi pada wanita yang memiliki pola hidup yang tidak sehat.

Jika penyakit kista pada ovarium sudah terjadi pada seorang wanita, maka dapat menimbulkan dampak yang buruk seperti sulit atau tidak bisa hamil.

Ada banyak cara untuk mengobati kista. Bisa melalui cara medis, seperti operasi maupun melalui obat-obatan medis. Bisa juga memberantas kista dengan cara tradisional yang lebih alami, yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan yang telah disediakan oleh alam.

Beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk mengobati kista, meliputi:

  • Kunyit Putih
kunyit putih

kunyit putih

Kunyit putih memiliki nama ilmiah curcuma mangga. Kunyit putih memiliki khasiat antioksidan serta antiradang yang baik dan bahkan lebih kuat jika dibandingkan dengan hidrokortison. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari tanaman kunyit putih.

Untuk menyembuhkan keluhan penyakit seperti kista, buatlah ramuan dari bahan alami seperti kunyit putih kering, temu putih, tapak liman kering serta daun pegagan kering. Setelah itu rebuslah dalam 1 liter air. Rebus sampai airnya penyusut sampai setengah liter, kemudian di saring dan didinginkan. Minumlah ramuan ini secara rutin 3 kali dalam sehari.

  • Mahkota Dewa

OLYMPUS DIGITAL CAMERAMahkota dewa merupakan tanaman yang sudah banyak dibudidayakan sehingga mudah sekali untuk ditemui. Mahkota dewa dipercaya sebagai tanaman yang ampuh untuk mengatasi kista maupun tumor lainnya.

Mahkota dewa mengandung zat aktif yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti polifenol, alkoid serta saponin yang berfungsi sebagai anti bakteri dan baik sekali untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh serta vitalitas.

Selain itu, mahkota dewa juga mengandung senyawa flavonoid yang sifatnya sebagai antiradang untuk mengurangi rasa sakit karena adanya pembengkakan. Cara, cukup menggunakan 30 gram daun mahkota dewa dan 5 gram buah mahkota dewa kering serta dicampur dengan 50 gram temu putih. Rebus semuanya dalam 800 cc air hingga menyusut sekitar 400 cc. Saring kemudian diminum dua kali dalam sehari secara teratur.

  • Rumput Mutiara
rumput mutiara

rumput mutiara

Rumput mutiara merupakan tumbuhan keluarga rumput-rumputan yang juga dikenal dengan nama rumput siku-siku, lidah ular, katepan atau daun mutiara. Rumput mutiara tumbuh subur ditanah yang lembab, kebun kosong yang basah, pinggir jalan, halaman rumah maupun pinggiran selokan. Rumput mutiara telah digunakan sebagai obat-obatan di China, India serta wilayah Asia Tenggara untuk mengobati banyak jenis penyakit.

Rumput mutiara mengandung dua senyawa aktif yang baik untuk kesehatan, seperti asam ursolat serta asam uleonat yang telah terbukti mampu mencegah pembelahan atau perkembangan sel kanker maupun tumor ke tahap yang lebih ganas. Kista sendiri termasuk tumor, sehingga dapat dicegah dengan menggaunakan rumput mutiara.

Selain digunakan untuk pengobatan kanker, tumor maupun kista, rumput mutiara juga dapat digunakan untuk menyembuhkan tonsillitis, pharyngitis, bronchitis, pneumonia, gondongan, hepatitis, radang usus buntu serta cholecystitis. Rumput mutiara juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit luar, seperti bisul, jerawat serta luka karena infeksi.

Campurkan 30 gram rumput mutiara dengan 5 gram daging buah mahkota dewa kering. Rebus semuanya dalam 600 cc air hingga tersisa sekitar 300 cc air. Saring kemudian diminum dua kali sehari secara rutin.

  • Benalu teh

benalu tehBenalu memang tumbuhan parasite. Benalu teh merupakan tumbuhan benalu yang yang tumbuh pada tanaman teh. Benalu teh dapat digunakan untuk mengobati kistakarena memiliki kandungan yang baik seperti flavonoid, flavanones,chalcones, c-glycoflavonols serta flavan3-ols. Berbagai kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah terjadinya penggumpalan darah, anti alergi serta anti kanker.

Untuk mengobati kista, ambillah 60 gram benalu teh yang masih segar dan dicampur dengan 30 gram rumput mutiara. Rebus semuanya dengan 800 cc air. Rebus sampai airnya menyusut hingga 200 cc, kemudian saring dan diminum secara teratur.

Bila anda merasa kerepotan dan tidak memiliki banyak waktu, anda bisa mengkonsumsi Nectura yang merupakan juice yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.