Penyebab Dan Cara Mencegah Masalah Mendengkur

tidur mendengkur

tidur mendengkur

Kebanyakan kaum pria memiliki masalah tidur yaitu masalah mendengkur khususnya pada pria yang telah berusia diatas 60 tahun. Banyak sekali penyebab dari kebiasaan mendengkur, mulai dari penyumbatan pada hidung, tonsil yang membesar maupun adanya kista. Namun biasanya penyebab dari kebiasaan mendengkur pada pria usia pertengahan terjadi karena membran tenggorokan yang mulai mengendur serta melebar.

Sesuai dengan bertambahnya usia, maka sebagian dari kita mengalami pengenduran otot serta penumpukan lemak. Salah satu tempat berkumpulnya lemak serta otot-ototnya mulai mengendur pada tubuh kita adalah bagian tenggorokan. Bila otot serta jaringan dalam tenggorokan mulai mengendur serta melebar, semuanya akan turun sehingga menyumbat sebagian jalan pernapasan.

Mendengkur merupakan gejala yang paling sering terjadi dari apnea tidur obstruktif yang banyak dialami oleh orang-orang. Beberapa orang tidak sadar bahwa mereka tidur mendengkur karena jarang sekali mereka terbangun karena mendengar dengkurannya.

Gangguan tidur seperti mendengkur sering terjadi pada seseorang karena kurangnya pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh saat tidur.

Suara yang muncul saat mendengkur disebabkan oleh adanya getaran yag dibuat oleh udara yang berusaha untuk masuk ke dalam tubuh melalui langit-langit mulut, tonsil, uvula, lidah sert otot-otot yang terdapat pada bagian tenggorokan. Bila udara tidak dapat bergerak dengan bebas melalui hidung serta mulut, maka menyebabkan masalah mendengkur pada saat tidur.

Beberapa faktor yang menyebabkan munculnya gangguan mendengkur saat tidur, meliputi:

  • Faktor bertambahnya usia yang membuat tenggorokan menjadi semakin sempit serta kekencangan otot di tenggorokan juga mulai menurun.
  • Masalah pada hidung serta sinus. Udara yang masuk terhalang akibat adanya masalah pada proses pernapasan sehingga mengalami kesulitan yang menyebabkan munculnya mendengkur.
  • Gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok serta konsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan buruk seperti ini dapat mempercepat kendurnya otot tenggorokan sehingga mudah untuk mendengkur. Hal seperti juga berlaku pada orang-orang yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Kondisi tubuh tertentu. Pria memiliki saluran udara yang lebih sempit daripada wanita, maka dari itu jumlah pria yang tidur mendengkur lebih banyak daripada wanita. Tenggorokan yang sempit, kelenjar gondok yang membesar, langit-langit mulut terbelah maupun atribut fisik yang lain bisa menjadi faktor penyebab dari kebiasaan mendengkur.
  • Posisi tidur. Posisi tidur terlentang akan menyebabkan jaringan di tenggorokan menjadi lebih rileks dan memblokir jalan aliran udara, sehingga dapat menyebabkan mendengkur.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas. Jaringan lemak pada tubuh yang belebihan ditambah dengan lemahnya otot pada bagian tenggorokan dapat menyebabkan tidur mendengkur.
penyebab mendengkur

penyebab mendengkur

Mendengkur telah lama dicurigai oleh para ahli kesehatan sehubungan dengan gangguan kesehatan pada seseorang. Dan indiksi tersebut ternyata telah diperkuat oleh hasil riset yang dilakukan di Hungaria yang meneliti kaitan mendengkur dengan penyakit jantung serta stroke.

Sebuah riset yang melibatkan 12.000 responden telah mendapat kesimpulan bahwa orang yang mengalami kebiasaan mendengkur berat cenderung mengalami serangan jantung maupun stroke bila dibandingkan orang yang tidak mendengkur. Temuan ini semakin memperkuat teori sebelumnya tentang kaitan antara mendengkur dengan penyakit kardiovaskuler.

Par peneliti menyatakan bahwa, kasus mendengkur dengan suara yang keras dan disertai dengan nafas yang terhenti dapat dijadikan sebagai indikasi dari adanya penyakit jantung serta stroke. Dari hasil penelitian tersebut, responden yang suara dengkurannya tidak nyaring justru tidak mengalami peningkatan resiko terjadi serangan jantung serta stroke.

Dewasa ini sudah banyak dokter yang ahli dalam bidang gangguan pernafasan serta gangguan tidur yang dapat membantu meringankan kasus-kasus gangguan tidur seperti mendengkur. Namun sepertinya anda tidak perlu pergi ke dokter meskipun anda mengaami kasus mendengkur yang berat. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meredakan kebiasaan mendengkur anda saat tidur.

  • Jauhi rokok

Asap rokok membuat jaringan baik dalam hidung maupun tenggorokan mengalami iritasi maupun pembengkakan yang nantinya akan menyumbat aliran udara.

  • Kurangi berat badan

Orang-orang yang bertubuh gemuk umumnya cenderung tidur mendengkur bahkan tiga kali lebih sering daripada orang yang berbadan ramping maupun kurus.

  • Kurangi jumlah makanan
mendengkur

mendengkur

Mengurangi makanan yang dikonsumsi dapat anda lakukan untuk meredakan mendengkur. Sebaiknya kurangi jumlah makanan yang dikonsumsi sekitar 3 jam sebelum tidur. Hindari ngemil saat anda terjada dari tidur di tengah malam. Cara seperti ini berguna untuk menjaga otot-otot di tenggorokan.

  • Membersihkan lubang hidung

Saluran lubang hidung yang tersumbat akan menghambat laju oksigen sehingga menyebabkan mendengkur. Maka dari itu ada baiknya untuk membersihkan saluran lubang hidung. Anda bisa membersihkan saluran lubang hidung dengan obat tetes maupun obat semprot hidung sebelum tidur.

  • Jauhi alkohol

Jangan minum minuman yang mengandung alkohol sekitar 4 jam sebelum tidur. Alkohol dapat menyebabkan otot-otot jalan pernapasan menjadi santai. Selain itu jauhi pemakaian obat penenang maupun obat tidur.