Penyebab Dan Gejala Kekurangan Seng

makanan yang mengandung seng

makanan yang mengandung seng

Mineral seng merupakan mineral yang menyebar di seluruh tubuh, seperti di bagian tulang, rambut, kulit, otot, hati, gigi, testis maupun pada bagian sel-sel darah putih. Mineral seng lebih dikenal dengan nama zinc. Seng ini merupakan bagian dari hampir seluruh enzim yang ada di dalam tubuh termasuk enzim-enzim yang membentuk RNA arau Ribonucleic Acid serta DNA atau Deoxyribonucleic Acid.

Jumlah mineral seng dalam tubuh kita tergantung dari jumlah seng dari makanan yang kita konsumsi. Seng sangat penting artinya untuk kesehatan kulit, pertumbuhan serta proses penyembuhan luka. Mayoritas seng yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi akan diserap oleh tubuh kita.

Ada banyak sekali kondisi yang mampu membuat tubuh kita cepat sekali kekurangan seng. Konsumsi makanan seperti padi-padian yang belum digiling serta makanan lain yang mengandung serat serta fosfat dapat menghambat proses penyerapan seng.

Kondisi seperti adanya kelainan yang disebut akrodermatitis enteropatika adalah suatu kelainan yang bersifat genetik yang jarang sekali terjadi. Kelainan seperti ini dapat membuat seng tidak bisa diserap oleh tubuh dengan baik.

kacang-kacangan

kacang-kacangan

Ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan mengalami kondisi kekurangan seng, maka bayi yang dikandungnya akan mengalami kelainan serta memiliki berat badan yang kurang dari berat badan normal saat dilahirkan.

Diagnosa kekurangan mineral sel pada tubuh berdasarkan pada keadaan dari orang yang mengalami kondisi seperti ini, gejala-gejalanya serta respon dari pemberian seng tambahan. Cara seperti periksa darah maupun periksa urin tidak dapat mengukur kadar seng dalam tubuh seseorang dengan tepat.

Jarang sekali ada kasus seseorang yang mengkonsumsi seng dalam jumlah berlebihan. Umumnya, kelebihan seng dalam tubuh terjadi sebagai akibat dari mengkonsumsi makanan maupun minuman asam yang dikemad dalam tempat yang dilapisi seng. Pada pabrik tertentu, menghirup paparan asap zinc oxide juga dapat menyebabkan kelebihan seng dalam tubuh.

Orang yang mengalami kelebihan seng dalam tubuhnya akan merasakan seperti rasa besi pada bagian mulut dan disertai dengan gejala muntah, mual serta diare. Menghirup paparan zinc oxide akan menyebabkan rasa besi pada bagian mulut, berkeringat, napas menjadi cepat, serta demam.

Kelainan seperti ini sering disebut juga dengan nama metal fume fever. Terlalu banyak mengkonsumsi seng dalam jangka panjang dapat menurunkan proses penyerapan tembaga sehingga menyebabkan anemia serta gangguan sistem daya tahan tubuh.

tiram

tiram

Seng mudah ditemukan pada berbagai macam jenis makanan yang kaya akan protein, seperti kacang-kacangan, polong-polongan serta daging. Tubuh kita sebenarnya membutuhkn asupan seng yang sangat sedikit, sebab proses penyerapan seng oleh tubuh kita juga sangat kecil.

Dengan adanya zat besi, tembaga serta kandungan phytat pada jenis sayuran seperti kangkung maupun bayam, juga dapat menghambat penyerapan seng pada dinding usus. Namun bila berbagai zat tersebut telah difermentasikan dalam usus, maka penyerapan seng justru menjadi semakin meningkat.

Berbagai tanda-tanda bila tubuh kita kekurangan asupan seng, adalah:

  • Pertumbuhan tubuh yang lambat
  • Kurangnya nafsu makan
  • Lambatnya proses penyembuhan luka pada kulit sehingga dapat menyebabkan infeksi
  • Cepat lelah
  • Rambut mudah rontok
  • Adanya ketidaknormalan pada kemampuan daya perasa dan daya penciuman
  • Sulit melihat dalam kondisi gelap
  • Turunnya produksi hormon pada pria.

Mengapa kekurangan asupan seng bisa menurunkan produksi hormon pada pria? sebab kurangnya asupan seng dalam tubuh akan mengganggu proes pembentukan sel sperma serta pekembangan organ seks baik primer maupun sekunder pada pria.

Dalam keadaan normal, pria dewasa membutuhkan asupan seng sebesar 15 mg per hari, sedangkan pada wanita dewasa membutuhkan asupan seng sebanyak 12 mg per hari. Cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan seng adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan seng.

Selain kacang-kacangan sert daging sapi, makanan yang kaya akan seng, adalah kerang, kepiting, tiram, hati, serta keju cheddar.