Penyebab Gigi Copot Dan Cara Mengatasinya

Semakin bertambahnya usia seseorang maka fisik juga akan semakin berubah termasuk dengan kondisi gigi anda misalnya mulai sering merasakan sakit gigi, warna gigi berubah menjadi kekuningan, gigi berlubang, gigi yang patah serta gigi copot.

Berbagai masalah pada gigi tersebut bisa saja dialami oleh seseorang yang usianya terus bertambah baik pada pria maupun wanita juga memiliki resiko yang sama.

Gigi memiliki fungsi yang sangat penting karena kita menggunakan gigi dalam berbagai aktifitas seperti merobek kemasan plastik, menggigit sesuatu, dan menghaluskan makanan dengan cara mengunyah.

Bukan hanya itu karena senyuman seseorang juga semakin terlihat sempurna jika memiliki gigi yang utuh dan lengkap, serta juga bisa membantu dalam komunikasi atau berbicara.

Setiap orang dewasa pada dasarnya mempunyai 32 buah gigi namun bisa saja 1 atau beberapa bagian dari gigi tersebut memiliki masalah.

Penyebab Gigi Copot Dan Cara Mengatasinya

Masalah gigi yang biasanya dialami oleh setiap orang diantaranya gigi berlubang, infeksi gigi, dan gigi copot.

Yang harus anda ketahui bahwasanya gigi terbuat dari bahan yang mirip dengan tulang yang keras selain itu di dalam gigi terdapat saraf dan pembuluh darah.

 

Beberapa Penyebab Gigi Copot

Periodontal yaitu istilah penyakit yang menyerang gusi biasanya menjadi penyebab utama dari gigi copot.

Meski demikian tidak menutup kemungkinan bila ada penyebab lain yang bisa menyebabkan gigi copot seperti terjatuh dari ketinggian, cedera akibat benturan keras ketika sedang berolahraga, mengalami kecelakaan sepeda motor, terlibat baku hantam dengan orang lain dan memaksakan diri untuk menggigit makanan yang keras.

Kaum pria memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami gigi copot terutama jika menginjak usia 35 tahun ke atas, hal ini dikarenakan biasanya kaum pria memiliki kebiasaan merokok.

Selain itu gigi copot bisa saja terjadi akibat jarang menjaga kebersihan gigi, jarang menggosok gigi, memiliki tekanan darah tinggi dan memiliki riwayat penyakit diabetes ataupun penyakit kronis yang lain.

 

Memasang Kembali Gigi Copot memasang gigi copot

Masalah gigi copot harus mendapatkan perhatian yang sangat serius dan sebisa mungkin untuk segera mendapatkan penanganan dari dokter gigi profesional karena pada dasarnya gigi pada orang dewasa tidak bisa tumbuh untuk kedua kalinya.

Bila gigi anda copot anda tidak perlu merasa panik karena gigi anda yang copot bisa dipasang kembali namun disarankan untuk memasang kembali gigi anda tidak lebih dari setengah jam setelah gigi anda copot karena semakin lama pemasangan gigi dari masa gigi copot maka semakin susah pula untuk menanamnya kembali.

Berikut ini merupakan cara memasang kembali gigi yang copot diantaranya :

  • Kumpulkan dan simpan gigi

Ketika gigi copot tindakan pertama kali yang harus anda lakukan adalah kumpulkan gigi anda yang copot lalu simpan.

Anda harus ekstra waspada ketika memegang gigi anda yang copot hal ini karena jika anda tidak berhati-hati maka bisa saja proses penanaman kembali gigi anda yang copot tidak akan bisa berhasil.

Jangan sampai memegang bagian akar gigi, namun peganglah pada bagian mahkota gigi saja.

 

  • Membilas gigi yang copot

Gunakan air hangat untuk mencuci atau membilas gigi anda yang copot untuk membersihkan kotoran yang menempel pada gigi namun jangan sampai lebih dari 10 detik.

Ketika mencuci atau membilasnya anda tidak perlu menggosok gigi yang copot ataupun menggunakan bahan lain seperti alkohol untuk membersihkannya.

 

  • Memasang kembali gigi yang copot

Kembalikan gigi anda yang copot pada posisi sebelumnya setelah itu gunakan air hangat untuk membilas mulut anda.

Supaya gigi yang dipasang kembali tidak mudah jatuh atau lepas kembali maka anda bisa sambil menggigit kain.

Bila cara tersebut masih tidak berhasil maka anda bisa merendam gigi ke dalam susu atau untuk mencegah gigi kering anda bisa menyimpan di dalam mulut diantara pipi dan gusi.

Memasang kembali gigi yang copot dilarang untuk dipraktekkan pada anak-anak karena cara ini bisa mengganggu proses pertumbuhan gigi mereka.

 

  • Segera Hubungi Dokter Gigi dokter gigi

Untuk mendapatkan penanganan yang terbaik ketika gigi anda copot anda bisa segera pergi ke dokter gigi terdekat.

Semakin cepat anda pergi ke dokter gigi maka peluang keberhasilan untuk mengembalikan gigi anda yang copot ke posisi sebelumnya semakin tinggi.

Sebelum berangkat menuju ke dokter gigi anda bisa menghentikan pendarahan akibat gigi copot dengan menggunakan kain atau kasa yang bersih sambil menekan bagian yang berdarah.

Bilamana terjadi pembengkakan maka anda bisa menggunakan air dingin untuk mengompres pipi anda.

Bila anda tidak kuat menahan rasa sakit pada saat gigi anda copot maka anda bisa segera minum obat acetaminophen atau ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakitnya.

Dibutuhkan waktu sekitar 7 sampai 10 hari untuk mendapatkan perawatan saliran akar setelah anda memasang kembali gigi anda yang copot.

Biasanya dokter gigi akan melakukan splinting (membelat) gigi yang copot dengan gigi yang ada di sampingnya.

Splinting merupakan teknik sementara yang dilakukan untuk membuat gigi tetap menempel pada tempatnya supaya gigi tidak mudah lepas dan prosedur ini bisa memakan waktu sampai 14 hari lamanya.

Karena berbagai prosedur yang lama dan rumit maka merupakan keharusan untuk menjaga kesehatan gigi dengan baik supaya gigi anda tidak mudah copot.

Gosok dan bersihkan gigi anda secara berkala, hindari kebiasaan merokok, hindari mengonsumsi makanan yang bisa merusak kesehatan gigi, dan memiliki jadwal kunjungan teratur ke dokter gigi.

Jika sedang berolahraga dalam waktu yang lama usahakan untuk menggunakan mouth guard (pelindung mulut), sedangkan jika ingin menyobek kemasan plastik usahakan menggunakan gunting daripada menggunakan gigi anda.

Jangan dibiasakan mengunyah es batu, hindari mengonsumsi permen dan pop corn.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi untuk memperoleh cara merawat gigi, cara mencegah gigi copot dan cara menangani gigi copot.

Ternyata menjaga kesehatan mulut bisa menjadikan senyuman anda terlihat lebih manis.