Penyebab Kolesterol Naik Serta Cara Untuk Meningkatkan HDL

kolesterol

kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh merupakan sebuah masalah yang dialami oleh semua orang baik tua maupun muda.

Tubuh kita memang masih membutuhkan kolesterol untuk membentukan sel serta hormon dalam tubuh. Namun, kolesterol jahat atau LDL yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung.

Meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Bisa saja tingginya kolesterol disebabkan oleh faktor genetik atau karena pola makan yang salah.

Beberapa penyebab kolesterol naik yang sering terjadi, meliputi:

  • Pola makan
makanan kolesterol tinggi

makanan kolesterol tinggi

Pola makan seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Lemak jenuh banyak sekali ditemukan di dalam makanan seperti jerohan, daging, telur, minyak kelapa, keju, kue serta berbagai macam gorengan.

  • Berat badan

Timbunan lemak yang ada disekitar perut serta pinggang tidak hanya membuat kita menjadi semakin kerepotan dalam menentukan ukuran celana yang cocok untuk kita. Namun timbunan lemak yang ada dibagian perut serta pinggang juga merupakan pertanda dari peningkatan kadar trigliserida serta menurunnya kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh kita.

  • Aktivitas

Kurang beraktivitas justru dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh kita serta dapat menyebabkan penurunan kolesterol baik atau HDL

  • Umur serta jenis kelamin

Ketika seseorang telah berumur 20 tahun keatas, kadar kolesterol dalam tubuhnya secara alamiah cenderung meningkat kecuali jika seseorang tersebut dapat melakukan tindakan pencegahan yang dapat mengurangi atau bahkan menghentikan kencenderungan seperti ini.

  • Kesehatan secara menyeluruh

Selalu memeriksakan kesehatan secara rutin serta meminta dokter untuk menjelaskan tentang resiko berbagai penyakit yang biasa saja anda alami. Dengan memiliki beberapa jenis penyakit sekaligus, seperti diabetes maupun hipotiroid juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Riwayat kesehatan dalam keluarga

Ada beberapa orang tertenu yang tetap memiliki kadar kolesterol yang tinggi meskipun telah menjalani gaya hidup sehat serta mengkonsumsi makanan secara seimbang. Faktor genetik juga ikut berperan dalam tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh kita.

  • Kebiasaan merokok
merokok

merokok

Kebiasaan seperti merokok sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Selain dapat merusak paru-paru, kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan tingginya kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh kita.

Untuk mengurangi resiko penyakit jantung koroner dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL saja tidak akan cukup. Kita juga perlu menambah kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh kita agar tidak terjadi berbagai macak penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol.

LDL atau kolesterol jahat dapat menyebabkan timbunan lemak serta sangat bertanggung jawab atas terbentuknya kerak pada dinding arteri sehingga memunculkan aterosklerosis. HDL atau kolesterol baik justru bekerja untuk menangkap kolesterol serta mengeluarkan kolesterol dari dalam tubuh kita.

Karena HDL memiliki fungsi yang baik, maka semakin banyak HDL dalam tubuh kita akan semakin baik. Karena dapat menghindarkan kita dari serangan penyakit yang disebabkan oleh kolesterol seperti penyakit jantung maupun stroke.

tetap berolahraga

Dengan cara melakukan gaya hidup sehat merupakan cara yang terbaik untuk meningkatkan kadar HDL dalam tubuh kita. Kita bisa melakukan beberapa cara seperti dibawah ini untuk meningkatkan HDL:

  • Mengecek kadar kolesterol

Selalu mengecek kadar kolesterol dalam tubuh kita, terutama bagi mereka yang sudah berusia diatas 20 tahun. Dengan cara seperti ini, maka kita dapat mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh kita, mulai dari kadar trigliserida, kadar LDL, kadar HDL sampai kadar kolesterol total apakah dalam kadar yang masih normal atau sudah terlalu tinggi.

  • Lakukan olahraga

Lakukan olahraga seperti aerobik selama 20 sampai 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu. Bila anda merasa latihan aerobik selama 30 menit terlalu berat, maka anda bisa membagi waktunya menjadi dua sesi. Setelah itu tambahlah lama latihan secara bertahap.

  • Mengurangi berat badan

Orang yang berbadan kurus bukan berarti orang tersebut bebas dari masalah kolesterol. Berat badan yang terlalu berlebihan atau obesitas tidak hanya dapat menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh kita, namun juga dapat meningkatkan kolesterol jahat atau LDL. Maka dari itu, sebaiknya kita selalu menjaga berat badan kita agar tetap ideal. Tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu gemuk.

  • Hentikan merokok

Bila anda seorang perokok, maka sebaiknya hentikan kebiasaan merokok anda secepat mungkin. Merokok akan menurunkan kolesterol baik atau HDL. Selain itu, kebiasaan merokok juga merupakan salah-satu penyebab dari penyakit jantung serta kanker.

  • Konsumsi makanan sehat

makanan pencegah kanker otak

Jauhi makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak. Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah-buahan serta sayuran. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung omega 3 yang juga dapat meningkatkan HDL dalam tubuh kita.

  • Pengobatan

Bila anda mengidap penyakit jantung serta diharuskan untuk meningkatkan kadar HDL ddalam tubuh, maka anda diharuskan untuk mengkonsumsi makanan sehat serta bisa dibantu dengan mengkonsumsi obat khusus, jika memang diperlukan.