Penyebab Lain Serta Cara Mencegah Pikun

alkoholik

alkoholik

Dampak buruk dari alcohol untuk otak serta daya tahan tubuh memang sudah dikenal oleh banyak orang.

Umumnya, kondisi seperti kecanduan alcohol akan membuat seseorang jadi mudah marah, meningkatkan resiko terjadinya stroke serta menurunkan daya tahan tubuh orang tersebut.

Selain itu, alcohol juga dapat menyebabkan munculnya masalah pada kesehatan yang lain, yaitu pikun. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Geriatric Psychiatry, mengatakan bahwa orang-orang yang kecanduan alcohol ketika masih muda akan memiliki resiko mengalami diemensia atau pikun lebih tinggi ketika lanjut usia, khususnya ketika orang tersebut berusia 50 serta 60 tahun.

Jadi, seberapa banyak kadar alcohol dalam minuman yang anda minum memang sangat penting sekali, namun sebaiknya anda harus segera berhenti bila anda mulai mengalami masalah apapun saat anda mabuk.

Penelitian tersebut dilakukan pada 6500 orang partisipan yang berusia 50 sampai 60 tahun. Mereka ditanya tentang kebiasaan minum minuman beralkohol yang dilakukan ketika mereka masih muda. Berbagai pertanyaan meliputi perasaan orang-orang disekitar mereka saat mereka minum, perasaan bersalah saat minum serta apakah mereka minum minuman beralkohol pada pagi hari untuk menyegarkan dirinya.

pikun di usia tua

pikun di usia tua

Bila semua pertanyaan tersebut dijawab dengan jawaban “iya” maka orang tersebut sudah dianggap sebagai orang yang kecanduan alcohol.

Diketahui bahwa mereka yang memang memiliki kecanduan alcohol cenderung mengalami kesulitan untuk mengingat tentang berbagai macam hal karena adanya kerusakan pada bagian otak yang berfungsi untuk menyimpan ingatan. Namun anehnya, hal seperti ini tidak terjadi pada orang yang rutin mengkonsumsi minuman beralkohol tapi tidak sampai kecanduan.

Dr Doug Brown, seorang ahli kesehatan dari Alzheimer’s Society Charity mengatakan bahwa, bila mengkonsumsi minuman beralkohol sudah jadi kebiasaan maka sebaiknya dilakukan secara terjadwal, sehingga tidak menyebabkan kecanduan yang semakin parah.

Penelitian tersebut tidak melarang seseorang untuk minum minuman beralkohol. Memang, pada orang-orang yang kecanduan alcohol mengalami kerusakan yang lebih besar pada bagian otak yang menyimpan memori. Cara yang paling baik adalah mengatasi kebiasaan agar tidak sampai merembet menjadi kecanduan.

ekstrak daun ginkgoKetika kita mendengar ginkgo biloba, umumnya kita akan mengingatnya sebagai salah satu tumbuhan yang berkhasiat untuk mencegah menurunnya daya ingat atau yang biasa disebut pikun. Dan pada kenyataannya, ginkgo biloba sudah digunakan selama lebih dari 5000 tahun di China.

Di China ginkgo biloba bukan hanya untuk mencegah pikun, namun juga digunakan untuk obat asma, bronchitis serta penyakit liver.

Namun, khasiat ginkgo biloba mulai dipertanyakan setelah banyak penelitian yang menyatakan bahwa manfaat dari ginkgo biloba untuk menyembuhkan pikun tidak cukup meyakinkan. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 kemudian dilanjutkan pada tahun 2007 dan akhirnya selesai pada tahun 2009/ Penelitian tersebut menyatakan bahwa tidak ada bukti yang cukup kuat tentang manfaat dari ginkgo biloba untuk mengobati pikun.

Cara terbaik untuk meningkatkan daya ingat serta mencegah terjadinya pikun adalah dengan mengkonsumsi minyak ikan yang banyak mengandung DHA. Salah satunya adalah omega 3 yang dipercaya memiliki kemampuan dalam membantu pembentukan neuron baru pada organ otak.

omega 3Asam lemak omega 3 mampu menurunkan produksi zat yang menghambat daya ingat di organ otak serta ikut berperan dalam pembentukan neuron yang baru dalam otak.

Nyatanya, masih banyak produk ginkgo biloba yang dikemas dalam bentuk pil maupun kapsul yang mudah sekali kita temukan di pasaran. Selain dalam bentuk pil, daun ginkgo biloba juga dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan sehingga sering diseduh sebagai teh.

Daun ginkgo biloba memang aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Namun jangan pernah mencoba untuk mengkonsumsi biji dari ginkgo biloba. Biji ginkgo biloba, baik yang sudah dimasak maupun yang masih dalam keadaan mentah, justru dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, meskipun aman untuk dikonsumsi siapa saja, daun ginkgo biloba tidak direkomendasikan untuk wanita yang sedang hamil serta menyusui. Orang-orang yang mengidap penyakit diabetes juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ginkgo biloba karena justru dapat meningkatkan produksi insulin secara tidak terkendali.

Maka dari itu, sebaiknya untuk mencegah timbulnya pikun di usia lanjut, sebaiknya perbanyak konsumsi minyak ikan maupun jenis makanan yang lain yang banyak mengandung DHA serta Omega 3.