Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

proses menstruasi

proses menstruasi

Haid atau menstruasi merupakan darah kotor serta selaput lendir rongga rahim yang terlepas dengan sendirinya akibat dari adanya perubahan hormone esterogen serta hormone progesterone, yang keluar dari rahim melalui vagina.

Hipofisa merupakan suatu kelenjar yang bertugas dalam proses pematangan serta keluarnya sel telur dari indung telur yang terjadi karena kerja sama antara otak, indung telur serta kelenjar buntu pada organ otak.

Hipofisis sendiri akan mengeluarkan hormone FSH atau follicle stimulating hormone serta hormone LH atau luteinizing hormone.

Hormone FSH bekerja untuk mempercepat proses pematangan telur, sedangkan hormone LH bekerja untuk penyempurnaan proses pematangan telur, sehingga telur dapat mendekati indung telur untuk dilepaskan. Bila tidak terjadi pembuahan dalam waktu 24 jam, maka sel telur yang keluar tersebut akan mati.

Setiap wanita pastinya akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Umumnya, siklus menstruasi akan berlangsung selama sekitar 28 hari. Namun ada juga yang hanya berlangsung. Ada juga yang berlangsung hanya 21 atau sekitar 3 minggu namun ada juga yang mencapai 40 hari.

Hal seperti ini masih bisa dianggap normal bila dalam setiap bulan seorang wanita tetap mengalami menstruasi. Ada beberapa ahli yang berpendapat untuk mengenali tanda-tanda menstruasi yang tidak teratur, meliputi payudara berat sebelah, timbulnya jerawat, sakit kepala serta perubahan mood atau perasaan yang terjadi secara tiba-tiba.

menstruasiMasalah seperti menstruasi yang tidak teratur merupakan menstruasi yang tidak datang secara semestinya atau bisa juga terlambat. Bila perbedaan dari siklus menstruasi setiap bulannya terjadi lebih dari 1 minggu maka kondisi seperti ini bisa dikatakan sebagai menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur.

Penyebab terjadinya menstruasi yang tidak teratur bisa saja dikarenakan oleh adanya gangguan hormone serta gangguan pada fisik wanita itu sendiri. Misalnya, karena stress atau depresi yang nantinya akan menyebabkan adanya gangguan pada kerja hormon-hormon dalam tubuh.

Para wanita perlu memahami serta mengetahui kapan menstruasi akan datang agar bisa mengetahui apakah menstruasi yang terjadi tersebut bersifat normal, terlambat atau bahkan tidak mengalami menstruasi. Masalah seperti menstruasi yang tidak teratur merupakan suatu masalah yang sering dialami oleh banyak wanita dewasa.

Menstruasi yang datangnya terlambat bisa saja disebabkan oleh kehamilan atau gejala dari adanya penyakit tertentu. Mengetahui kapan menstruasi akan datang bertujuan untuk mengetahui apakan menstruasi yang terjadi bisa disebut teratur maupun untuk menghitung kapan masa subur serta dapat juga digunakan untuk menghitung kapan anak akan lahir jika memang benar dalam keadaan hamil.

Lamanya siklus menstruasi pada wanita berbeda-beda. Ada yang 28 hari, 21 hari bahkan ada yang sampai 40 hari. Namun hal tersebut masih bisa dianggap normal. Bila perbedaan lamanya siklus menstruasi terjadi lebih dari 1 minggu maka anda mengalami masalah menstruasi yang tidak teratur.

nyeri saat menstruasiJadi, menstruasi datangnya memang selalu tidak persis setiap bulan sekali. Meskipun nama lain dari menstruasi adalah datang bulan, namun tidak bisa tepat 30 hari sesuai dengan kalender. Kecuali pada wanita yang memang daur atau siklus menstruasinya 30 atau 31 hari saja yang hari menstruasinya bisa jatuh tepat pada tanggal yang sama pada setiap bulannya.

Bila seorang wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari, maka tanggal menstruasinya selalu akan maju 2 sampai 3 hari. Namun, meskipun tanggalnya selalu maju, bukan berarti bahwa menstruasinya tidak teratur. Begitu juga dengan wanita yang siklus menstruasinya diatas 31 hari, pasti hari menstruasinya akan mundur terus.

Untuk memastikan apakah tidak mengalami atau terlambat menstruasi itu karena hamil atau tidak, maka perlu dilakukan uji kehamilan. Uji kehamilan dapat dilakukan di rumah sakit bersalin, puskesmas, laboratorium klinik atau dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan test pack.

Dengan menggunakan beberapa tetes air seni dan dalam beberapa menit saja, maka hasil uji kehamilan bisa anda dapatkan. Untuk uji kehamilan dengan menggunakan air seni, sebaiknya gunaka air seni ibu yang keluar pada pagi hari.

Berbagai penyebab terjadinya menstruasi yang tidak teratur, meliputi:

  • Kelebihan hormone prolactin. Hormone prolactin sering muncul pada ibu-ibu yang sedang menyusui, karena hormone ini bertugas untuk menekan tingkay kesuburan seorang wanita. Hormone prolactin yang terlalu tinggi disebabkan oleh adanya kelainan pada kelenjar hipofisis yang terletak dalam kepala.
  • Gangguan pada kelenjar gondok. Apabila terjadi gangguan seperti peningkatan atau penurunan pada kelenjar gondok akan mengakibatkan gangguan system hormone yang lain dalam tubuh seseorang.
  • Gangguan pada kelenjar hipofisa. Bila hormone dalam kelenjar hipofisa mengalami gangguan, nantinya akan mempengaruhi produksi sel telur dalam indung telur yang menyababkan menstruasi jadi tidak teratur.
  • Rasa cemas tentang kehamilan. Menunggu datangnya kehamilan yang belum juga datang juga bisa mengganggu produksi hormone dalam tubuh.
  • Ketidak seimbangan hormone dalam tubuh karena dipengaruhi oleh berbagai macam factor, tergantung dari segi kesehatan fisik dari wanita itu sendiri.
  • Stress berkepanjangan
  • Kurangnya asupan nutrisi penting, gizi serta serat dalam tubuh

Berbagai cara mengatasi menstruasi yang tidak teratur untuk, meliputi:

  • mens thumbMinum ramuan atau jamu yang terbuat dari temulawak. Jamu lain yang bisa dikonsumsi adalah jamu pelancar haid
  • Menambah jumlah hormone esterogen bila memang terjadi kekurangan hormone. Bila hormone esterogen terlalu banyak juga bisa dikurangi agar hormone dalam tubuh tetap seimbang
  • Memeriksakan kesehatan secara menyeluruh. Bila wanita yang mengalami menstruasi yang tidak lancar dipastikan mengidap diabetes, maka sebaiknya lakukan pemberian insulin untuk memperbaiki siklus menstruasi serta membuka kemungkinan untuk hamil
  • Menggunakan obat penurun kelenjar gondok atau tiroid. Cara seperti ini baik untuk keseimbangan kelenjar gondok agar tetap normal
  • Mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung serat. Serat tidak hanya baik untuk pencernaan, namun juga penting dan baik sekali untuk kelancaran menstruasi bagi wanita
  • Menjaga kondisi kesehatan sehari-hari dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat memperbaiki keadaan pinggu serta memperkuat punggung
  • Tidak mengangkat beban yang berat-berat
  • Sebisa mungkin jauhkan diri dari stress
  • Minum air putih paling tidak 8 gelas setiap hari
  • Konsultasi dengan dokter ahli apabila ada kasus infeksi pada rahim

Biasakanlah untuk hidup sehat dengan menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat secara teratur serta selalu menjaga kebersihan organ intim agar tidak terserang penyakit maupun virus dan berbagai factor lain yang dapat mengganggu kelancaran siklus menstruasi.