Resep Mempercepat Metabolisme Tubuh

menimbang berat badan

menimbang berat badan

Mempercepat metabolism merupakan cara yang baik untuk mengurangi berat badan . namun seberapa cepat and abisa membakar kalori tergantung dari beberapa hal.

Beberapa orang ada yang mewarisi metabolism cepat, da nada juga yang metabolism tubuhnya cenderung lamban.

Pria cenderung membakar kalori lebih banyak daripada wanita, meskipun pria sedang beristirahat.

Beberapa orang juga ada yang metabolism tubuhnya cenderung melambat saat berumur 40 tahun.

Ada resep untuk mempercepat metabolism tubuh secara alami yang bisa anda lakukan, meliputi:

  • Membentuk otot

Dengan membentuk otot, maka metabolism tubuh anda akan ikut meningkat. Tubuh anda akan terus membakar lemak berlebih saat anak membentuk otot. Orang-orang yang memiliki otot lebih banyak cenderung memiliki metabolism tubuh yang cepat, meskipun sedang dalam keadaan beristirahat.

  • Minum air

Selain mencegah terjadinya dehidrasi, minum air juga mampu mempercepat metabolism tubuh. Saat membakar kalori, tubuh kita membutuhkan air yang cukup. Dalam sebuah studi telah ditemukan bahwa, orang yang minum air sebanyak 8 gelas atau bahkan lebih setiap hari mampu membakar lebih banyak kalori, jika dibandingkan dengan orang yang hanya minum sebanyak 4 gelas sehari.

  • Ganti camilan anda
camilan sehat

camilan sehat

Mengkonsumsi camilan seperti kue maupun keripik akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Kue umumnya banyak mengandung tepung serta gula, sedangkan keripik umumnya banyak mengandung garam. Dua camilan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Sebaiknya gantilah camilan anda dengan mengkonsumsi camilan yang lebih bernutrisi, seperti buah-buahan segar.

  • Jauhi minuman berenergi

Beberapa jenis minuman berenergi mengandung bahan aktif yang mampu meningkatkan metabolism tubuh anda. Minuman berenergi yang mengandung taurin mampu mempercepat metabolism tubuh serta membakar lemak dalam tubuh. Namun, minuman berenergi kebanyakan mengandung gula berlebihan, yang nantinya akan menyebabkan masalah kesehatan, seperti hipertensi, depresi serta insomnia. Jadi sebaiknya jauhi saja minuman berenergi.

  • Makan dalam jumlah sedikit

Makan dalam porsi kecil dan lebih sering, justru mampu menurunkan berat badan. Ketika anda mengkonsumsi makanan dalam porsi besar, maka metabolism tubuh anda menjadi semakin lambat. Sehingga makanan yang masuk dalam tubuh belum tercerna dengan sempurna. Hal inilah yang menyebabkan lemak berlebihan dalam tubuh. Makan dlaam porsi sedikit akan lebih cepat di cerna dan diserap oleh tubuh serta lemak tidak akan sampai menumpuk dalam tubuh anda.

  • Mengkonsumsi makanan pedas

Makanan pedas mampu meningkatkan metabolism tubuh secara alami. Cabai mengandung capsaicin yang mampu menjaga kesehatan tubuh serta meningkatkan metabolism tubuh. Menambahkan cabai pada makanan yang akan kita konsumsi akan mampu meningkatkan metabolism tubuh.

  • Tetap konsumsi protein
makanan protein hewani

makanan protein hewani

Tubuh kita secara alami akan membakar lebih banyak kalori ketika sedang mencerna protein. Protein lebih sulit untuk dicerna daripada lemak maupun karbohidrat. Maka dari itu, sebaiknya kurnagi karbohidrat serta lemak dan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein. Beberapa jenis makanan yang mengandung protein, seperti ikan, kacang-kacangan, daging ayam, telur, tahu serta susu tanpa lemak.

  • Konsumsi kopi

Kopi mampu memberikan energy serta konsentrasi. Selain itu, kopi juga mampu meningkatkan metabolism tubuh. Kopi mengandung kafein yang akan ikut meningkatkan ketahanan tubuh anda saat berolahraga. Sebaiknya konsumsi kopi secukupnya saja, jangan lebih dari 2 cangkir. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan justru akan berbahaya bagi kesehatan.

  • Mengkonsumsi teh hijau

Teh hijau memberikan keuntungan yang lebih banyak daripada kopi. Teh hijau mengandung kafein serta catechin, yang mampu meningkatkan metabolism untuk beberapa jam. dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau 2 sampai 4 cangkir perhari mampu membuat tubuh membakar kalori sebanyak 17% lebih banyak daripada berolahraga dalam intensitas sedang.

  • Menjaga asupan makanan

Diet mampu membantu menurunkan berat badan, namun sebaiknya kita jangan terlalu percaya tentang hal itu. Diet yang terlalu ketat akan mengorbankan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan mengorbankan nutrisi penting, maka anda akan kehilangan otot yang nantinya ikut memperlambat metabolism tubuh anda. Metabolism tubuh yang lambat akan membakar kalori lebih sedikit, sehingga berat badan anda akan naik lebih cepat daripada berat badan anda sebelumnya.