Resiko Kesehatan Jika Sering Telat Makan

Sepertinya bukan hal yang aneh jika kita sering melewatkan sarapan, makan siang ataupun makan malam padahal di balik itu ada resiko kesehatan yang mengancam.

Ada banyak alasan klasik kenapa seseorang bisa sering telat makan, seperti sibuk dengan pekerjaan atau sedang menjalani program diet.

Padahal dengan jadwal makan yang tidak teratur bisa menyebabkan profram diet menjadi terganggu.

Bagi seseorang yang sering telat makan biasanya organ lambung rentan mengalami gangguan dan hal ini akan menyebabkan organ tubuh yang lain ikut terkena dampaknya.

Resiko Kesehatan Jika Sering Telat Makan

Resiko Kesehatan Jika Sering Telat Makan

Berikut ini adalah Resiko Kesehatan Jika Sering Telat Makan, diantaranya :

  • Mudah capek dan murung

Menurut penulis buku Eating on the Run, yaitu Evelyn Tribole, suplai glukosa pada otak selama 5 jam sejak makan terakhir akan menjadi terganggu.

Tentu saja dengan tingkat suplai glukosa yang rendah akan menjadikan fungsi tubuh tidak berjalan dengan semestinya.

Dampaknya anda akan menjadi merasa mudah capek, murung dan lesu karena pasokan gula darah memiliki andil yang besar dalam konsentrasi, daya ingat, dan kinerja baik fisik atau mental.

 

  • Melambatnya kinerja metabolisme tubuh

Walaupun tubuh kita sedang tidur atau istirahat, metabolisme tubuh masih terus bekerja.

Tujuan metabolisme masih terus bekerja di saat tubuh sedang istirahat adalah untuk membakar kalori kemudian mengubah kalori tersebut menjadi energi.

Metabolisme tubuh memiliki tingkatan berbeda yang ditunjang oleh asupan kalori.

Maka dari itu ada baiknya jika anda mengonsumsi kalori dengan jumlah yang ideal untuk menunjang proses pembakaran energi.

Kesimpulannya adalah jika anda telat makan maka metabolisme tubuh secara otomatis akan ikut menjadi lambat untuk menyimpan kalori dalam tubuh.

Akibatnya adalah tubuh akan menjadi kehilangan tenaga dan lemas sehingga hal ini akan mengganggu aktivitas keseharian.

lemas karena telat makan

lemas karena telat makan

 

  • Irritable Bowel Syndrome (Kram Perut)

Biasanya orang awam memiliki pemikiran bahwa dengan makan secara teratur maka akan membuat tubuh dan perncernaan menjadi sehat.

Namun di sisi lain mereka juga menilai bahwa dengan mengulur waktu makan maka hal ini bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

Padahal hal ini bisa membahayakan kondisi tubuh karena mengulur jam makan bisa menyebabkan Irritable Bowel Syndrome yang mengacu pada kumpulan gejala kronis distress lambung, termasuk nyeri dan kram perut, kembung, sembelit serta diare.

Pola makan yang salah bisa menyebabkan masalah kesehatan yang baru yaitu sindrom iritasi pada usus.

 

  • Radang lambung atau tukak lambung

Masalah kesehatan lain yang bisa ditumbulkan karena sering telat makan selain kram perut adalah radang lambung atau tukak lambung.

Dalam masalah ini lambung mengalami iritasi atau memiliki luka yang disebabkan oleh cairan lambung pada mukosa lambung.

Gejala yang bisa dirasakan karena iritasi lambung adalah adanya rasa nyeri sampai ke ulu hati setelah makan.

Berdasarkan suatu artikel dalam Journal of the American Medical Association, disebutkan bahwa dengan jadwal makan dan tidur yang tidak terkontrol maka akan memberikan dampak pada meningkatnya beban asam duodenum atau usus 12 jari dimana hal inilah yang bisa menjadi penyebab berkembangnya atau semakin memburuknya gejala penyakit tukak lambung.

 

  • Gejala stress

Jika anda sering melewatkan jam makan dan perut terasa nyeri maka ada kemungkinan anda mengalami stres.

Gejala stres bisa disebabkan karena sering melewati jam makan karena tubuh akan memberikan respon dengan memberikan reaksi alami saat berhadapan dengan faktor stres baik secara mental atau fisik.

Stres sendiri bisa disebabkan oleh rutinitas kerja yang membosankan, tekanan di tempat kerja, ataupun beban pikiran yang menumpuk.

Hasil studi yang dinyatakan oleh Georgetown University Helath Education Services menyebutkan bahwa stres yang dikarenakan sering terlamabt makan memiliki banyak bentuk seperti mudah cemas, sakit kepala, lupa makan dan sering mengalami kram perut.

Dengan demikian jika anda sering lupa waktu makan maka kemungkinan anda sedang mengalami stres.

Maka dari itu anda bisa mencoba makan dengan jadwal teratur karena dengan jadwal makan yang teratur maka energi positif dalam tubuh juga akan mengalami peningkatan.

 

  • Haid atau menstruasi menjadi tidak teratur

Bagi wanita dewasa atau yang telah memasuki masa pubersitas jangan sampai melewatkan jadwal makan karena hal ini bisa menyebabkan haid atau menstruasi tidak teratur.

 

  • Migrain

Mag bisa juga memberikan dampak negatif lain yaitu migrain atau sakit kepala sebelah.

Hal ini bisa terjadi karena seseorang telah mengidap penyakit mag dalam waktu yang lama hingga akhirnya merambat menjadi migrain.

 

migrain karena jam makan tak teratur

migrain karena jam makan tak teratur

  • Kolesterol dan penyakit jantung

Seseorang yang sering terlambat makan biasanya kekurangan asupan nutrisi seperti kalsium, kalium dan serat namun di sisi lain akan lebih banyak mengonsumsi lemak.

Hal ini akan memicu tingginya resiko terkena penyakit kolesterol atau penyumbatan pembuluh darah dan dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan penyakit jantung,