Tentang Osteoporosis Serta Jenis Makanan Yang Dapat Menyehatkan Tulang

osteoporosis

osteoporosis

Seperti yang kita ketahui bersama, osteoporosis merupakan suatu penyakit dimana tulang mengalami pengurangan massa sehingga mudah keropos. Dengan tulang yang keropos, maka tulang mudah patah. Meskipun hanya terpeleset atau mengalami benturan kecil saja tulang yang keropos karena terserang penyakit osteoporosis maka tulang akan mengalami patah.

Untuk mencegah tulang keropos karena osteoporosis, maka diharuskan untuk minum susu berkalsium tinggi. Hal seperti ini sebetulnya merupakan promosi yang dilakukan oleh para produsen susu berkalsium.

Namun, umumnya promosi yang telalu gencar dan ditambah dengan embel-embel yang terlalu tinggi telah terjadi di masyarakat. Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan minum susu berkalsium tinggi maka akan membuat penyakit osteoporosis yang dialaminya jadi lebih baik.

Sebenarnya, bila tulang memang sudah berkurang massanya maka tulang akan mengalami pengeroposan. Tulang yang sudah terlanjur keropos karena osteoporosis tidak dapat disembuhkan hanya dengan minum susu kalsium tinggi.

osteoarthritis

osteoarthritis

Selain itu, banyak juga orang yang mengalami osteoarthritis atau pengapuran tulang yang ikut-ikutan beranggapan bahwa dengan minum susu berkalsium tinggi maka penyakitnya akan membaik.

Sebaiknya masyarakat jangan mudah termakan berbagai macam promosi yang terlanjur telah meluas bahwa dengan minum susu berkalsium maka masalah osteoarthritis maupun masalah osteoporosis dapat teratasi.

Mengkonsumsi kalsium secara berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai efek samping yang berbahaya. Konsumsi kalsium secara berlebihan dapat menyebabkan sembelit. Selain itu jika kadar kalsium dalam darah sudah kelewat tinggi, hal seperti ini dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Pengeroposan tulang akibat dari penyakit osteoporosis tidak terjadi secara seketika. Proses keroposnya tulang terjadi secara perlahan-lahan. Seseorang akan mengalami pengeroposan tulang karena paparan kondisi yang tidak sehat dalam waktu yang lama.

Ada juga berbagai faktor yang dapat menyebabkan osteoporosis, meliputi jenis kelamin, usia, ras serta faktor genetika. Faktor resiko lain yang juga dapat menyebabkan munculnya osteoporosis adalah pemakaian kortikosteroid dalam jangka panjang. Faktor seperti ini sebenarnya bisa dihindari.

Kortikosteroid terkadang digunakan oleh dokter untuk mengobati pasien yang mengalami masalah nyeri persendian. Penggunaan kortikosteroid mungkin bisa menyebabkan rasa nyeri berkurang, namun pasien justru beresiko mengalami osteoporosis atau tulang keropos dikemudian hari.

gambaran osteoporosis

gambaran osteoporosis

Faktor utama terjadinya osteoporosis adalah karena rendahnya konsumsi kalsium. Rendahnya konsumsi kalsium sejak masih muda akan menyebabkan kepadatan tulang menjadi berkurang. Nantinya, masalah seperti ini akan membuat tulang keropos serta mudah patah di kemudian hari. Maka dari itu, solusi yang terbaik adaah dengan mengkonsumsi produk-produk yang mengandung kalsium sejak dini secara rutin.

Susu memang merupakan sumber utama dari kalsium, namun bukanlah satu-satunya produk yang mengandung kalsium. Masih banyak makanan lain yang kaya akan kalsium, seperti bayam, yoghurt, kacang-kacangan, keju serta ikan.

Selain mengkonsumsi makanan berkalsium, beberapa gaya hidup juga dapat menyebabkan munculnya osteoporosis, seperti kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol serta kurang beraktivitas. Maka dari itu, seseorang yang sudah terdiagnosa mengalami osteopeni yaitu masalah kepadatan tulang yang berkurang atau bahkan sudah mengalami pengeroposan tulang sebaiknya berhenti merokok, berhenti minum minuman keras serta terus beraktivitas. Namun, lakukan aktivitas dengan hati-hati agar tidak jatuh.

Umumnya dokter akan memberikan kalisum serta vitamin D secara rutin pada pasien yang mengalami masalah osteopeni maupun osteoporosis. Selain pemberian kalsium dengan vitamin D, masih perlu obat lain yang diberikan oleh dokter, seperti bifosponat. Ada juga pasien osteoporosis yang diberikan terapi hormon.

Penyakit osteoarthritis berbeda sekali dengan penyakit osteoporosis, maka dari itu metode pengobatannya pun juga berbeda. Maka dari itu, bila ada informasi bahwa susu berkalsium diklaim mampu untuk mengatasi nyeri sendi akibat osteoarthrtis jangan langsung percaya.

Pengapuran atau osteoarthritis biasaya perjadi pada bagian persendian, yaitu lutut. Orang-orang yang mengalami osteoarthritis umumnya susah untuk berjalan karena adanya rasa nyeri yang hebat pada bagian lututnya saat digerakkan.

Resiko munculnya osteoarthritis terjadi karena dua faktor, yaitu faktor usia serta faktor berat badan yang berlebihan. Penggunaan persendian tertentu secara terus menerus juga dapat menjadi penyebab terjadinya osteoarthritis. Contohnya, melakukan gerakan berulang-ulang secara terus menerus pada pemain sepak bola maupun pemain basket.

osteoarthritis

osteoarthritis

Pada kasus osteoarthritis yang berat, persendian dapat diganti dengan sendi protea seperti yang biasa dilakukan pada persendian bagian lutut. Mengkonsumsi kalsium tidak akan dapat mencegah terjadinya osteoarthritis.

Untuk membentuk tulang yang kuat, hanya ada dua kunci utama, yaitu kalsium serta vitamin D. Kalsium meruakan bagian utama dari tulang maupun gigi. Sedangkan vitamin D merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk meningkatkan penyerapan kalsium serta pertumbuhan tulang.

Anak-anak memerlukan kalsium serta vitamin D dalam jumlah yang cukup agar pertumbuhannya semakin optimal. Selain itu, kalsium serta vitamin D tetap diperlukan bagi orang-orang dewasa maupun orang-orang yang sudah lanjut usia agar tulang-tulangnya tetap sehat.

Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan kalsium serta vitamin D adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung kalsium serta vitamin D, seperti dibawah ini:

  • Susu

Susu merupakan sumber kalsium. Minum susu secara rutin akan dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian untuk kesehatan tulang. Sebaiknya pilihlah susu rendah lemak dan yang diperkaya dengan vitamin D untuk memberikan lebih banyak manfaat untuk kesehatan tulang anda.

  • Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan dari susu. Orang-orang sering berpendapat bahwa vitamin D hanya berasal dari sinar matahari pagi. Padahal, yoghurt merupakan makanan yang juga kaya dengan vitamin D. Satu cangkir yoghurt bebas lemak akan mencukupi 30% kebutuhan kalsium harian serta 20% vitamin D.

  • Sarden

Ikan sarden kalengan juga mengandung kalsium serta vitamin D. Menurut para ahli gizi, ikan yang dimakan beserta dengan tulangnya bisa dijadikan sebagai sumber makanan yang dapat memberikan kalsium serta vitamin D.

  • Telur

Sebutir telur akan memberikan 6% kebutuhan vitamin D harian anda. Namun sebaiknya konsumsilah telur secara wajar. Cukup konsumsi telur sebanyak 1 sampai 2 butir per hari.

  • Salmon

Salmon telah dikenal merupakan sumber omega 3. Selain itu, 227 g salmon ternyata mengandung banyak sekali vitamin D. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi salmon, anda akan mendapatkan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang sekaligus untuk kesehatan jantung.

  • Bayam
jus bayam

jus bayam

Semangkuk bayam yang sudah dimasak akan memberikan 25% kebutuhan kalsium haria. Selain itu bayam akan memberikan manfaat lain yaituzat besi, vitamin A dan juga serat yang semuanya baik sekali untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.

  • Sereal

Mengkonsumsi jenis sereal tertentu yang terbuat dari biji-bijian utuh, buah-buahan serta kacang-kacangan akan memberikan 25% kebutuhan vitamin D harian anda.

  • Jus jeruk

Jus jeruk segar yang kita proses sendiri dirumah dengan menggunakan juiser tanpa ditambah dengan gula, terkadang juga mengandung kalsium serta vitamin D. Sebab, buah jeruk ternyata merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.