Tipes

Thypus atau biasa disebut dengan tipes merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhosa pada bagian usus halus serta pada aliran darah, yang dapat menyebabkan munculnya keracunan makanan atau gastroenteritis.

Bakteri tersebut masuk melalui saluran pencernaan, serta berkembang biak dan kemudian menembus dinding usus untuk menuju ke saluran limfa, dengan cara masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu sekitar 1 hingga 3 hari . kemudian akan berkembang biak pada sistem retikuloendothelial serta menyebar kembali ke pembuluh darah yang nantinya akan menimbulkan berbagai gejala klinis.

Masyarakat biasa menyebut penyakit ini dengan nama tipes atau thypus, namun di dalam dunia kedokteran penyakit ini disebut Thypus abdominalis atau demam tifoid, sebab berhubungan dengan organ usus pada perut manusia.

Tipes bisa dikatakan sebagai penyakit infeksi akut yang selalu terjadi pada masyarakat di Indonesia, mulai dari balita, anak-anak, hingga orang dewasa.

Di seluruh dunia, terdapat sekitar 17.000.000 kasus tipes setiap tahunnya, serta bertanggung jawab dengan sekitar 600.000 kasus kematian di seluruh dunia.

Bila tidak segera ditangani dan diobati, 10 hingga 20% penderita tipes dapat berujung pada kematian. Dan terdapat sekitar 2% dari penderita yang bertanggung jawab sebagai pembawa bakteri tipes atau disebut dengan carrier.

Di Indonesia sendiri diperkirakan ada sekitar 800 hingga 100.000 jiwa yang terserang tipes sepanjang tahun. Penyakit ini umumnya muncul pada musim kemarau dan katanya sering sekali menyerang anak perempuan.

Pada orang dewasa sering kali mengalami infeksi yang nantinya akan sembuh dengan sendirinya dan kemudian menjadi kebal. Berbeda dengan anak-anak dan balita yang kekebalan tubuhnya masih belum begitu kuat.

Umumnya penyakit tipes ditularkan melalui kotoran. Termasuk kuman atau bakteri yang hidup secara normal dalam usus hewan ternak maupun unggas, daging unggas yangkurang matang, telur unggas, kucing, anjing, minuman dan makanan yang tercemar, juga bisa ditularkan oleh carrier atau orang sehat namun membawa bakteri tersebut.

Penyakit tipes dapat menyerang ketika bakteri tersebut masuk melalui minuman maupun makanan, sehingga terjadi infeksi pada saluran pencernaan yaitu pada bagian usus halus.

Kemudian bakteri masuk ke dalam aliran darah dan menuju ke limfa serta hati dan kemudian berkembang biak pada bagian hati dan limfa serta menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada bagian tersebut.

Gejala tipes pada anak dan orang dewasa umumnya memberikan gambaran yang ringan dan bahkan seolah-olah tanpa gejala yang signifikan. Namun pada umumnya gejala yang sering kali timbul, adalah:

  • Demam yang lebih dari satu minggu. Pada siang hari tampak segar tidak ada masalah yang berarti namun pada malam hari terjadi demam yang tinggi.
  • Lidah menjadi kotor. Bagian tengah lidah berwarna putih serta pinggirnya berwarna merah. biasanya orang tersebut akan merasa lidahnya pahit serta cenderung ingin makan makanan yang rasanya asam atau pedas.
  • Mual berat hingga muntah. Bakteri berkembang biak pada bagian limpa dan hati, yang mengakibatkan adanya pembengkakan yang akhirnya menekan lambung sehingga muncul rasa mual. Karena adanya mual yang berlebihan, pada akhirnya makanan tidak dapat masuk secara sempurna dan umumnya keluar lagi lewat mulut.
  • Diare serta mencret. Bakteri yang menyerang saluran pencernaan menyebabkan penyerapan cairan menjadi terganggu yang pada akhirnya menyebabkan diare, namun dalam beberapa kasus yang sering terjadi justru timbulnya sulit buang air besar atau biasa disebut konstipasi.
  • Pusing, lemas serta sakit pada perut. Demam yang tinggi dapat menimbulkan rasa lemas, dan pusing. Dengan terjadinya pembengkakan pada organ hati serta limpa maka menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat pada bagian perut.
  • Tidak sadarkan diri. Penderita tipes pada umumnya merasa lebih nyaman dengan berbaring tanpa banyak bergerak, namun dalam kondisi yang sangat parah seringkali muncul adanya gangguan pada kesadaran.