Upaya Penanggulangan Stres

Stress

terlalu banyak pikiran

Stress akan memunculkan berbagai gejala, seperti gelisah, tegang, rasa cemas, psikosomatis atau sakit fisik, kelelahan, otot kaku, gangguan pada saat tidur bahkan hipertensi serta berpengatuh pada jantung.

Stress juga dapat mempengaruhi prilaku seseorang, menjadi orang yang kurang sabar, mudah marah, menarik diri, atau bahkan mempengaruhi pola makan seseorang.

Sebagian orang menjadi merasa tak berdaya, frustasi, mengalami kelesuan serta menjadi minder karena dipengaruhi oleh stress.

Sebenarnya stress merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan semua manusia, malahan sudah menjadi suatu bagian dalam kehidupan semua orang.

Contohnya, saat kita berkendara lalu terjebak macet, lalu roda kendaraan kita kempes serta harus segera diganti, dutambah dengan mengganti ban disaat hujan yang membuat kita menjadi basah, setelah sampai dikantor kita lupa lupa membawa presentasi. Itu saka sudah bisa memunculkan stress.

Terkadang stress dapat memberikan dampak yang positif juga. Stress yang positif disebut dengan nama eustress, yaitu suatu keadaan yang justru membuat kita termotivasi serta memberikan dampak yang menguntungkan bagi kita.

Misalnya, dalam keadaan terdesak seperti deadline, tiba-tiba ada suatu ide yang bisa membangkitkan kreativitas kita. Ada juga seseorang yang merasa dirinya tertinggal, sehingga membuat dirinya termotivasi sehingga dapat membuat prestasi yang gemilang .

upaya menanggulangi stress

upaya penanggulangan stres

Ada beberapa upaya penanggulangan stres, yaitu:

  • Menyederhanakan hidup.

Menghapus beberapa acara serta kegiatan dalam daftar agenda anda. Hal ini bertujuan agar anda punya sedikit waktu luang untuk beristirahat maupun refreshing.

  • Menentukan prioritas.

Seandainya anda memiliki 5 rencana yang harus andalakukan dalam 1 minggu ke depan. Maka tentukanlah hal yang paling utama atau yang sangat perlu untuk menjadi prioritas. Terutama hal yang sangat mendesak serta seolah-olah dapat mengancam jiwa anda. Lakukanlah hal yang anda prioritaskan terlebih dahulu, baru menyelesaikan hal-hal yang lain.

  • Bekerja samalah.

Ada begitu banyak orang disekeliling anda yang siap untuk membantu pekerjaan anda. Mengapa anda melakukannya sendirian? Biarkan mereka melakukan beberapa tugas anda sehingga anda tidak perlu terlalu repot mengurusi semua hal sendirian.

  • Tertawa.

Terkadang resep yang sangat jitu untuk mencairkan segala hal yang menegangkan adalah tertawa. Stress berat dalpat mempengaruhi serta merusak berbagai sistem dalam tubuh, humor ataupun sesuatu yang membaut kita tertawa akan dapat menyembuhkan sistem-sistem yang rusak.

  • Tetap berolahraga.

bersepeda

Olahraga mampu mengurangi stress dengan banyak cara. Latihan kardiovaskular mampu melepaskan zat kimia di dalam otak untuk merangsang pertumbuhan sel-sel saraf. Olahraga juga dapat meningkatkan hormon serotonin serta neropinefrin yang dapat meningkatkan mood. Detak jantung akan membabtu dalam melepaskan engorfin serta hormon pengurang rasa sakit, menyebabkan euforia atau kegembiraan, serta membantu respon otak terhadap kecemasan serta stress.

  • Lakukan satu hal saja dalam satu waktu.

Kita dituntut untuk serba cepat, termasuk dalam mengerjakan suatu tugas. Kita cenderung melakukan banyak tugas secara sekaligus agar cepat selesai. Maka dari itu kita harus tetap konsentrasi dalam satu hal untuk menyelesaikannya dengan cepat.

  • Mengerti tentang batasan.

Kegiatan akan terus berjalan serta tak ada habisnya. Namun otak, kemampuan serta waktu itu memiliki batasan. Maka sangat penting bagi kita untuk membatasi kegiatan. Melakukan semua tawaran pekerjaan justru akan membuat kita semakin stress. Sebab pada akhirnya kita kehabisan tenaga dan waktu untuk menyelesaikan semuanya.

  • Berpikir secara luas.

Pikirkan segala sesuatu lebih luas lagi. Pikiran luas serta jauh kedepan. Jangan terlalu sering memikirkan hal yang kecil-kecil.

  • Memilih teman.

Teman itu seperti energi. Teman dapat memberikan energi yang positif juga dapat memberikan energi yang negatif. Jadi, pilihlah teman yang memiliki sifat optimis dan penuh humor. Hal ini akan memberikan dampak yang positif juga pada anda.

  • Mencari cara untuk memulihkan diri.

Bersenang-senang, refreshing akan dapat melepaskan kepenatan. Atau mungkin ada meluangkan waktu sejenak untuk melakukan hobi anda. Hal ini juga dapat membantu mengurangi stress.

  • Ambil waktu untuk keluar dari rutinitas.

Cuti untuk beberapa hari sekedar menyendiri atau menikmati hidup bersama keluarga dapat membantu untuk mengurangi stress. Atau anda memilih jalan atau rute yang lain saat anda berangkat ke kantor juga bisa membantu anda mendapatkan hal-hal baru. Jika anda terbiasa mendengarkan musik dalam mobil anda, anda bisa sesekali tidak melakukan kebiasaan anda ini.