Waspada Suplemen Vitamin C Dan Cara Untuk Menjaga Ginjal

tablet vitamin C

tablet vitamin C

Bagi anda yang rutin mengkonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi karena dapat menyebabkan munculnya batu ginjal.

Resiko seperti ini akan semakin berbahaya bagi orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan pernah mengalami batu ginjal sebelumnya.

Mengkonsumsi suplemen vitamin C sebenarnya memang tidak dilarang. Namun, orang yang pernah mengalami sakit seperti batu ginjal sebaiknya lebih waspada dalam mengkonsumsi suplemen vitamin C karena penyakitnya dapat kambuh kembali kapan saja bila masih mengkonsumsi suplemen vitamin C.

Sebuah penelitian yang di adakan di Swedia mengambil data dari beberapa responden yang kebanyakan terdiri dari pria dewasa serta orang lanjut usia tentang pola makan serta gaya hidup para responden tersebut selama 11 tahun.

batu ginjal

batu ginjal

Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa sekitar 907 orang pria terbiasa mengkonsumsi suplemen vitamin C, sedangkan jumlah orang yang tidak terbiasa mengkonsumsi suplemen vitamin C sebanyak 22.000 orang responden.

Sekitar 3,4% orang responden yang rutin mengkonsumsi suplemen vitamin C, mengalami batu ginjal. Sedangkan dari kelompok responden yang tidak terbiasa mengkonsumsi suplemen vitamin C, yang mengalami batu ginjal “hanya” 1,8% saja.

Suplemen vitamin C memang sudah sejak lama dicurigai sebagai penyebab meningkatnya resiko batu ginjal, terutama suplemen vitamin C dosis tinggi. Sebab, sebagain vitamin C yang sudah diserap oleh tubuh nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh menjadi air seni akan berubah menjadi oksalat, yaitu salah satu komponen terbentuknya batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk dari kristal kecil yang berasal dari kalsium serta oksalat. Batu ginjal memang bisa dikeluarkan melalui air seni, namun tidak jarang pula dapat menyebabkan rasa sakit seperti sakit pinggang. Batu ginjal yang memiliki ukuran yang besar akan membutuhkan operasi untuk bisa keluar dari dalam tubuh.

Vitamin C memang termasuk vitamin yang penting sekali bagi tubuh kita.Namun, vitamin C sebaiknya didapatkan melalui makanan yang dikonsumsi secara rutin. Resiko batu ginjal karena konsumsi suplemen vitamin C sangat tergantung dari dosis serta kombinasi nutrisi yang dikonsumsi oleh seseorang.

 

ginjal

ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Jika kita tidak dapat memelihara kesehatan organ ginjal kita, maka ginjal akan mengalami kerusakan serta dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang sangat berbahaya seperti penyakit kardiovaskular, kerusakan pada saraf sampai kerusakan pada kelenjar paratiroid.

Sebenarnya, menjaga organ ginjal tidaklah begitu sulit seperti yang kita bayangkan. Kunci yang terpenting adalah menghindari faktor yang dapat memperbesar resiko munculnya penyakit ginjal.

Dengan cara melakukan gaya hidup sehat, juga dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, sekaligus juga dapat menurunkan resiko munculnya penyakit ginjal.

Seorang peneliti yang bernama Liliana Jimenez dari Danone Research International mengungkapkan bahwa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mejaga kesehatan organ ginjal.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan organ ginjal, meliputi:

  • Menjaga kesehatan serta tetap beraktivitas

Selalu menjaga kesehatan serta tetap melakukan berbagai aktivitas fisik. Tubuh yang terus bergerak saat melakukan berbagai juga akan membuat organ ginjal menjadi tetap sehat.

  • Jaga kestabilan gula darah

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang juga merupakan penyebab munculnya penyakit ginjal. Menurut data dari IRR atau Indonesian Renal Registry pada tahun 2010, ada 25% kasus dari penyakit ginjal yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

  • Menjaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga merupakan salah satu penyebab penyakit ginjal yang terus meningkat selama enam tahun belakangan ini. Berdasarkan data dari IRR tahun 2010, penyakit ginjal yang disebabkan oleh adanya penyakit hipertensi sebesar 35%.

  • Konsumsi makanan sehat serta menjaga kestabilan berat badan

Makanan yang mengandung zat pewarna buatan serta mengandung pengawet juga mampu menyebabkan gangguan pada kesehatan organ ginjal. Selain itu, mengkonsumsi minuman seperti teh maupun kopi dalam jumlah yang terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan munculnya batu ginjal. Jadi, sebaiknya perbanyak minum air putih serta tetap beraktivitas atau berolahraga agar berat badan tetap stabil.

  • Menjaga kecukupan cairan tubuh

air putih 4Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita adalah hal yang penting dalam menjaga organ ginjal tetap sehat. Kita bisa mengkonsumsi buah serta sayuran yang juga mengandung air atau minum air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Bila anda bekerja atau melakukan aktivitas yang menguras cairan dalam tubuh maka minumlah air sebanyak 2 sampai 3 liter per hari agar tidak mengalami dehidrasi.

  • Menjauhi rokok

Kebiasaan buruk seperti kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan kita, baik itu masalah pada saluran pernapasan, berbagai kanker, stroke serta juga dapat merusak organ ginjal secara tidak langsung.

  • Jangan sembarangan minum obat

Berbagai produk obat kebanyakan terbuat dari bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan organ ginjal. Zat kimia yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang terlalu banyak secara terus menerus akan memperberat kerja organ ginjal. Sebaiknya jangan sembarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan. Ada baikn ya untuk berkonsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

  • Memeriksa fungsi organ ginjal

Anda bisa melakukan tes LFG atau Laju Filtrasi Glomerulus serta memeriksa protein yang terkandung di dalam air seni di rumah sakit secara berkala. Jika terjadi sesuatu yang tidak beres pada kesehatan tubuh anda, segera periksakan ke dokter ahlinya serta lakukan pemeriksaan secara menyeluruh atau general check up secara berkala.